PURBA, MICHAEL PRANATA (2022) IDENTIFIKASI PENYEBAB KERJA STEERING GEAR YANG TIDAK OPTIMAL DI MT. MEDELIN EXPO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811216624T_Skripsi_FullText)
551811216624T_Skripsi_FullText.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811216624T_Skripsi_Open_Access)
551811216624T_Skripsi_Open_Access.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (551811216624T_SURAT PENYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
551811216624T_SURAT PENYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (33kB) |
Abstract
ABSTRAK Michael Pranata Purba, 2022, NIT : 551811216624.T, “Identifikasi penyebab kerja steering gear yang tidak optimal di MT. Medelin Expo”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr. F. Pambudi Widiatmaka, S.T, M.T. Pembimbing II : Slamet Riyadi, M.Si., M.Mar Steering gear merupakan salah satu permesinan bantu dan peralatan penting yang ada di atas kapal. Steering gear berfungsi untuk membantu kapal berbelok ke arah kiri (port side) dan ke arah kanan (starboard side) dengan menggerakkan rudder (daun kemudi). Dalam pengoperasiannya, steering gear di MT. Medelin Expo mengalami penurunan tekanan hidrolik dan hal itu mengakibatkan kerja dari steering gear tidak bekerja tidak optimal. Tidak optimalnya steering gear mengakibatkan pergerakan daun kemudi menjadi melambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab tidak optimalnya kerja steering gear, dampak yang ditimbulkan jika steering gear tidak bekerja dengan optimal, serta untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang upaya dalam mengatasi masalah steering gear yang bekerja tidak optimal di MT.Medelin Expo. Penelitian ini menggunakan satu metode penelitian yaitu SHEL (Software, Hardware, Environment, dan Liveware.). Model metode ini berkaitan dan berhubungan antara faktor manusia dengan sumber daya lingkungan sekitar. Metode SHEL untuk mengetahui faktor, dampak dan upaya faktor dari tidak optimalnya kerja Steering Gear. SHELL membahas mengenai interaksi antara Software, hardware, environment dan liveware. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang menyebabkan tidak optimalnya kerja dari steering gear yaitu turunnya tekanan hidrolik, kerusakan pada komponen- komponen sistem hidrolik yang meliputi Shaft Seal, Ball Bearing dan kebocoran pada sambungan pipa yang disebabkan oleh kerusakan packing. Dampak yang ditimbulkan dari kerja Steering Gear yang tidak optimal adalah olah gerak kapal tidak berjalan dengan baik dan daun kemudi tidak berkerja maksimal dalam membelokkan kapal sehingga mengakibatkan terjadinya tubrukan di MT. Medelin Expo. Upaya yang dilakukan agar kerja steering gear dapat bekerja dengan optimal adalah adalah melakukan perbaikan untuk mengatasi turunnya kinerja pompa hidrolik, melakukan perbaikan untuk mengatasi kebocoran sambungan pipa, melakukan perbaikan untuk mengatasi Shaft Seal dan Ball Bearing yang sudah rusak. Oleh karena itu perawatan dan perbaikan yang terencana dan sistematis pada komponen-komponen Steering Gear terutama pompa sangat penting dilakukan agar Steering Gear bekerja dengan tekanan yang optimal sehingga kapal dapat melaksanakan olah gerak dengan baik. Semua itu akan penulis bahas pada skripsi ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Identifikasi, Optimal, Steering Gear. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 03:50 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 03:50 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4124 |
Actions (login required)
View Item |