ANALISA OLAH GERAK MV.TANTO HEMAT SAAT MEMASUKI ALUR PELAYARAN SEMPIT DI SUNGAI SIAK GUNA MENGHINDARI TUBRUKAN

GINTING, ANDIKA PUTRA SURANTA (2022) ANALISA OLAH GERAK MV.TANTO HEMAT SAAT MEMASUKI ALUR PELAYARAN SEMPIT DI SUNGAI SIAK GUNA MENGHINDARI TUBRUKAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136828N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136828N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136828N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136828N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811136828N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136828N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (41kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Ginting, Andika Putra, NIT. 551811136828 N, 2022, “Analisa Olah Gerak MV.Tanto Hemat Dalam Memasuki Alur Pelayaran Sempit Di Sungai Siak Guna Menghindari Tubrukan”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Akhmad Ndori, S.ST., MM., M.Mar., Pembimbing II: Latifa Ika Sari, S.Psi., M.Pd. Dalam proses olah gerak masuk suatu alur pelayaran sempit atau sungai, dibutuhkan suatu keahlian khusus dan perhatian lebih dibanding berlayar di laut bebas. Bahan IMO dalam aturan colregs memberikan perhatian khusus yang tercantum pada aturan 9 mengenai alur pelayaran sempit. Dalam memasuki alur pelayaran sempit, kapal selalu mendapatkan resiko bahaya tubrukan dan kandas. Rumusan masalah di penelitian ini adalah persiapan apa saja yang disiapkan kru sebelum memasuki sungai Siak, faktor apa saja yang menjadi penyebab tubrukan kapal, dan upaya apa saja yang dilakukan oleh kru setelah terjadi tubrukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan memasuki sungai Siak, faktor penyebab terjadinya tubrukan, dan upaya yang dilakukan oleh kru kapal setelah terjadinya tubrukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci tentang olah gerak kapal dalam memasuki alur pelayaran sempit di sungai Siak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden yang sudah di wawancarai adalah Nahkoda, Mualim II dan Mualim III. Wawancara ini dilakukan pada tanggal 25 Juni 2021 sampai dengan 28 Juni 2021 di MV.Tanto Hemat. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data USG (Urgency, seriousness, Growth) untuk mencari penyelesaian masalah dan faktor yang di amati seperti pada masalah tentang MV.Tanto Hemat mengalami tubrukan dengan dolphin di sungai Siak Dalam memasuki alur pelayaran sempit di sungai Siak, dibutuhkan suatu persiapan agar kapal terhindar dari risiko kandas dan tubrukan. Persiapan yang dilakukan adalah menghubungi radio setempat, melakukan safety meeting dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti alat-alat navigasi dan mesin yang sehat. Dari masalah yang terjadi, terdapat faktor yang menjadi penyebab tubrukan kapal dengan dolphin meliputi, faktor kelalaian kru kapal, faktor angin dan arus serta kurangnya komunikasi antar sesama kapal. Untuk meminimalisasi kerusakan yang terjadi, upaya yang dilakukan adalah mempertahankan kapal agar kapal kembali dalam posisi aman serta mencatat kejadian tersebut di logbook kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Olah gerak kapal, Alur pelayaran sempit, Tubrukan
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:42
Last Modified: 22 Sep 2022 04:42
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4090

Actions (login required)

View Item View Item