PRAMBUDI, MOCHAMAD DEWA NUR (2022) PENINGKATAN KINERJA AWAK KAPAL DALAM PROSES PEMUATAN (LOADING) KAYU GELONDONG (LOG) DI MV. PAN DAISY. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811126578N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811126578N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811126578N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811126578N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (5MB) |
|
Pdf (551811126578N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811126578N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (412kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Mochamad Dewa Nur Prambudi, 2022. “Peningkatan Kinerja Awak Kapal Dalam Proses Pemuatan (Loading) Kayu (LOG) di MV. Pan Daisy”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Suherman, M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Pranyoto, S.Pi, M.AP MV. Pan Daisy merupakan kapal dengan jenis bulk semi log carrier milik perusahaan Pos Sm. Kayu (log) dapat dimuat di dalam palka (in hold) dan di atas geladak (on deck). Pada pemuatan kayu (log) secara on deck dibutuhkan dua jenis pengikatan (lashing) yaitu center lashing dan over lashing. Saat proses loading kayu (log) di atas geladak (on deck), peneliti menemukan terjadinya keterhambatan di Pelabuhan Tauranga. Oleh karenanya peneliti tertarik mengulas mengenai kendala yang menyebabkan proses loading terhambat dan tidak maksimal. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui kendala yang menyebabkan proses loading menjadi tidak maksimal, dan 2) Bagaimana upaya untuk meningkatkan kinerja awak kapal pada pemuatan kayu(log). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan anlisis fishbone untuk mengetahui gambaran faktor penyebab keterlambatan pemuatan kayu (log) secara on deck. Peneliti menemukan bahwa faktor yang menyebabkan terhambatnya proses loading kayu (log) secara on deck di Pelabuhan Tauranga adalah faktor sumber daya manusia (man) dimana banyak awak kapal yang belum memiliki pegalaman dalam memuat kayu (log) sebelumnya, faktor alat angkut (machine) adanya korsleting pada sensor safety limit crane kapal nomor 3, dan faktor teknik memuat (method) dimana awak kapal belum paham dalam cara pengikatan (lashing) terutama pada over lashing wire cargo. Adapun saran yang penulis utarakan adalah pada saat pemberian pembekalan pemuatan edukasi sebelum melaksanakan pemuatan, disertakan gambar atau memperagakan langsung kepada awak kapal agar awak kapal lebih mudah paham dan mengerti. Disamping itu, perlu lebih sering dilakukannya perawatan alat angkut untuk menghindari adanya kerusakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Log, center lashing, over lashing, loading |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:52 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 02:52 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4033 |
Actions (login required)
View Item |