SASONGKO, ARYO (2022) OPTIMALISASI PERAWATAN LASHING CONTAINER EQUIPMENT GUNA MEMPERLANCAR PROSES BONGKAR MUAT DI MV. PALUNG MAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811126567N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811126567N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811126567N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811126567N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (551811126567N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811126567N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (374kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Aryo Sasongko, 2022, “Optimalisasi Perawatan Lashing Container Equipment Guna Memperlancar Proses Bongkar Muat Di MV. Palung Mas ”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing: (I) Capt. Akhmad Ndori, S.ST.,M.M.,M.Mar. (II) Arya Widiatmaja, S.ST, M.Si Kapal pengangkut peti kemas adalah sebuah kapal yang di rancang khusus untuk dapat mengangkut peti kemas (container) berbagai ukuran. Biasanya pada kapal demikian akan dilengkapi dengan alat-alat untuk dudukan serta penahan muatan tersebut. Pada prinsipnya semua kapal dalam melaksanakan pemuatannya, mempunyai tujuan untuk menjaga keselamatan muatan dan awak kapal baik dalam proses pemuatan, proses pembongkaran, dan selama pelayaran. Terutama dalam hal masalah lashing muatan selama pelayaran harus benar-benar diperhatikan. Seperti halnya pada kapal MV. Palung Mas dimana penulis melaksanakan praktek berlayar. Penulis memiliki rumusan masalah yaitu tentang bagaimana prosedur perawatan lashing. Peneletian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pendekatan dua analisis yaitu Fault Tree Analysis (FTA), dan Fishbone Analysis. Yaitu untuk mengindentifikasi dampak yang terjadi apabila perawatan alat lashing tidak sesuai prosedur, sedangkan metode Fishbone untuk menentukan upaya yang harus dilaksanakan untuk penngoptimalan perawatan lashing container equipment. Data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder, sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari hasil Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hasil penelitian in dapat disimpulkan pelaksanaan lashing container harus menggunakan double lashing system guna meningkatkan keamanan muatan, serta kurangnya pelaksanaan lashing container dikarenakan peralatan lashing yang rusak dan terbatas jumlahnya. Saran peneliti mengupayakan request order untuk peralatan alat lashing dan dirawat dengan baik guna keselamatan dan keamanan muatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Optimalisasi, lashing container equipment, Bongkar muat. |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 00:59 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 00:59 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4023 |
Actions (login required)
View Item |