MUNTOHA, M. AQVIAN (2022) ANALISIS PENERAPAN CARGO SECURING MANUAL DI MV. ORIENTAL DIAMOND PADA PROSES PEMUATAN CONTAINER UNTUK MENGHADAPI CUACA BURUK DI PERAIRAN SAMUDERA PASIFIC. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811116528N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811116528N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811116528N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811116528N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (551811116528N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811116528N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (305kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Muntoha, Muhammad Aqvian. 2022. “ Analisis Penerapan Cargo Securing Manual Di MV. Oriental Diamond Pada Proses Pemuatan Container Untuk Menghadapi Cuaca Buruk Di Perairan Samudera Pacific“. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. I Kadek Laju, SH, MM, M.Mar., Pembimbing II : Febria Surjaman, MT , M.Mar.E Lashing adalah salah satu elemen penting dalam proses pemuatan kontainer.Dalam lashing perlu diperhatikan penerapan cargo securing manual yang tepat. Saat MV. Oriental Diamond melakukan perjalanan dari Makassar ke Jayapura dalam cuaca buruk, terjadi insiden hampir terjatuhnya kontainer di bay 31.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan cargo securing manual di MV. Oriental Diamond dan pengaruh yang ditimbulkan dari kurang optimalnya penerapan cargo securing manual . Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data meliputi sumber primer dan sekunder . Untuk pengumpulan prosedur keabsahan data , tekhnik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan dalam penelitian lapangan. Triangulasi digunakan dalam tekhnik analisis data Hasil penelitian menyimpulkan bahwasannya penerapan cargo securing manual belum optimal dikarenakan oleh beberapa faktor , yaitu kurangnya pengawasan , serah terima dinas jaga yang kurang optimal ,dan alat-alat lashing yang terbatas. Sedangkan pengaruh yang ditimbulkan akibat peneraparan cargo securing yang belum optimal yaitu , membahayakan kapal dan crew kapal dan dapat mengakibatkan kerusakan muatan,serta dapat merusak bagian-bagian kapal . Saran peneliti yaitu melakukan pengawasan langsung pada saat proses pelashingan , kegiatan toolbox meeting dilaksanakan sebelum pelaksanaan cargo operation, inspeksi setelah cargo operation hendaknya dilaksanakan langsung oleh chief officer dan bosun, melakukan perawatan peralatan lashing secara rutin dan mengirim surat permintaan peralatan lashing yang baru ke kantor pusat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Analisis , penerapan , Cargo Securing Manual |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 03:43 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 03:43 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3995 |
Actions (login required)
View Item |