Penyebab turunnya tekanan minyak lumas pada mesin diesel generator MV. Andhika Kanishka

NUNGKI, ARI WIJAYA (2022) Penyebab turunnya tekanan minyak lumas pada mesin diesel generator MV. Andhika Kanishka. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611206181T_PROSIDING_FULLTEXT)
531611206181T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi - Pelumasan adalah kegiatan melapisi dua bagian yang sedang bergesekan. Untuk menjamin keberlangsungan proses pelumasan pada waktu operasi mesin sehingga komponen-komponen mesin terlumasi semua, pelumas harus disirkulasikan. Sistem yang menjamin keberlangsungan proses pelumasan pada mesin disebut sistem pelumasan. Pemanfaatan sistem pelumasan pada motor diesel sangat penting dan sangat Mempengaruhi kegiatan operasional motor tersebut. Fungsi sistem pelumasan adalah melumasi, mendinginkan dan membersihkan agar komponen-komponen mesin yang bergerak supaya tetap berfungsi sesuai dengan tugas masing-masing. Tetapi pada pada suatu kasus, tekanan minyak lumas turun hingga berada di 2.4 bar yang menyebabkan mesin berhenti bekerja dan terjadi blackout. Kejadian tersebut cukup menarik untuk diteliti sehingga menghasilkan hasil penelitian yang berjudul "Analisis Penyebab Turunnya Tekanan Minyak Lumas Mesin Diesel Generator MV.Andhika Kanishka” untuk menemukan penyebab dari turunnya takanan minyak lumas. Serta untuk mengetahui kemampuan awak kapal (crew) dalam mengatas kondisi dari tekanan minyak lumas mesin diesel generator untuk menunjang kelancaran kegiatan kapal. Dalam skripsi ini, metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dan kualitatif, dimana dalam penelitian ini menggunakan beberapa pendekatan pendekatan teori, wawancara, dan observasi sehingga nantinya akan didapatkan solusi untuk mencegah serta mengatasi terjadinya penurunan tekanan minyak lumas di kemudian hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya dampak daritidak optimalnya kinerja dari L.O pump pada mesin diesel generator sendiri sehingga proses kerja tidak maksimal. Hal tersebut diakibatkan oleh perusahaan yang kurang memberikan respon terhadap permasalahan kerusakan pada permesinan di kapal. Pada akhir skripsi ini, penulis menyarankan agar hubungan antara awak kapal dengan perusahaan dapat meningkatkan lagi. Ttingkat kesadaran dari perusahaan dalam merawat L.O pump pada mesin diesel generator guna mencegah minyak lumas mengalami penurunan sehingga mesin tersebut dapat berjalan secara lancer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penyebab, sistem pelumasan , Mesin diesel generator, L.O pump.
Subjects: Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:29
Last Modified: 19 Sep 2022 06:35
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3961

Actions (login required)

View Item View Item