ANALISIS PENYEBAB TURUNNYA TEKANAN MINYAK LUMAS MESIN DIESEL GENERATOR MV. ANDHIKA KANISHKA

NUNGKI, ARI WIJAYA (2022) ANALISIS PENYEBAB TURUNNYA TEKANAN MINYAK LUMAS MESIN DIESEL GENERATOR MV. ANDHIKA KANISHKA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611206181T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206181T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611206181T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611206181T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (531611206181T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
531611206181T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (185kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Nungki Ari Wijaya 531611206181 T, 2021, “Analisis Penyebab turunnya tekanan Minyak Lumas Mesin Diesel Generator MV. Andhika Kanishka”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Mustholiq, M.M, M.Mar.E., Pembimbing II: Purwantono S.Psi, M.Pd. Dalam skripsi ini penulis mencoba mengangkat tema dari permasalahan pada permesinan diatas kapal yang merupakan salah satu alat transportasi di bidang maritim. Bidang maritim adalah salah satu bidang yang selalu bergerak di dalam kehidupan. Permesinan yang dibahas oleh penulis adalah mesin diesel generator, Khusunya pada bagian siempelumasan pada mesin tersebut. Dalam suatu kasus ditemukan peristiwa penurunan tekanan minyak lumas pada mesin tersebut yang diakibatkan oleh kondisi yang buruk pada sebagian komponen sistem pelumasan. Penelitian ini dilakukan dengan maksud tujuan adalah untuk mengetahui penyebab turunnya tekanan minyak lumas pada mesin mesin diesel generator MV. Andhika Kanishka yang menyebabkan tergagunggunya kegiatan pelayaran pada kapal tersebut. Dengan demekian, penelitian tersebut diharapkan menjadi pedoman penyelesaian permasalahan tersebut dapat diperoleh untuk mengatasi masalah lainnya terkait sistem pelumasan mesin diesel generator. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah mix method. Dalam hal pengumpulan data, peneliti mengggunakan metode observasi di lapangan secara langsung dengan menggunakan dokumen kapal, kemudian dengan wawancara terhadap para pihak terkait yang dalam hal ini para perwira kapal serta didukung kuat dengan kepustakaan baik berupa foto atau tabel yang tentunya mendukung terhadap tujuan penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa turunnya tekanan minyak lumas pada mesin diesel generator adalah disebabkan karena kondisi komponen mesin yang tidak layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penyebab, sistem pelumasan , Mesin diesel generator, pump.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:24
Last Modified: 19 Sep 2022 06:30
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item View Item