ANDY, WAHYU HERMANTO (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. SEBATIK, 25 (2). pp. 545-554. ISSN 2621-069X atau 1410-3737
Pdf (Andy Wahyu Hermanto_Jurnal_PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG)
Andy Wahyu Hermanto_Jurnal_PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.pdf Download (267kB) |
|
Pdf (Andy Wahyu Hermanto_Cek Turnitin_PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG)
Andy Wahyu Hermanto_Cek Turnitin_PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang telah menerapkan sistem pembelajaran daring sejak pemerintah menetapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Negara ini. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran daring saat ini masih mengalami beberapa kendala, antara lain : Pemahaman taruna terkait materi yang diberikan dosen masih kurang, efektifitas pembelajaran masih kurang efektif, Faktor lingkungan yang kurang mendukung, kurangnya motivasi belajar taruna terhadap pembelajaran daring. Berdasarkan fenomena tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisa pengaruh Pembelajaran Daring dan Faktor Lingkungan terhadap Motivasi Belajar Taruna PIP Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Taruna Taruni Semester 3 dan 8 dengan jumlah 492. Dengan menggunakan rumus Slovin maka jumlah sampel pada penelitian ini adalah 233 Taruna. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan kuesioner melalui Google form. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data angket disimpulkan bahwa Pembelajaran Daring berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Taruna, dengan nilai signifikansi 0,000. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar taruna, yaitu faktor teknis, proses pembelajaran dan dukungan kampus PIP Semarang dalam menyelenggarakan pembelajaran daring. Faktor Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Taruna, dengan nilai signifikansi 0,000. Beberapa faktor yang berpengaruh pada lingkungan keluarga yang dapat meningkatkan Motivasi Belajar Taruna, antara lain : Cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua dan latar belakang kebudayaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Faktor Lingkungan, Motivasi Belajar, Taruna |
Subjects: | Repository Dosen > URL Dokumen |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 05:00 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 05:00 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3952 |
Actions (login required)
View Item |