IDENTIFIKASI BOCORNYA TUBE L.O COOLER MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA KAPAL MT. GAS NATUNA

DIONISIUS, RESTYAN SENA SONDA (2021) IDENTIFIKASI BOCORNYA TUBE L.O COOLER MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA KAPAL MT. GAS NATUNA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611206139T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206139T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611206139T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611206139T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Sonda, Dionisius Restyan Sena. 2021. NIT: 531611206139 T, “Identifikasi Bocornya Tube L.O Cooler Mesin Diessel Penggerak Utama kapal MT. Gas Natuna”.Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Abdi Senao, M.Si., M.Mar.E, Pembimbing II: Moh Zaenal Arifin, S.St., M.M. Oil Cooler pada mesin diesel merupakan alat penukar kalor yag berfungsi untuk mendinginkan oli mesin yang digunakan sebagai alat pelumas pada mesin diesel. Setelah beroperasi oil cooler akan mengalami penurunan kinerja yang disebabkan adanya penurunan laju perpindahan kalor. Fungsinya penurunan temperatur minyaklumas antara lain untuk melumasi, melindungi, membersihkan, dan mendinginkan bagian bagian pada mesin. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, triangulasi hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka. Digunakan teknik analisis shel dan swot, peneliti menganalisis faktor penyebab, dampak dan upaya yang dilakukan terkait kebocoran tube lo cooler mesin diesel penggerak utama. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya kebocoran tube lo cooler mesin diesel penggerak utama dissebabkan oleh kondisi tube lo cooler yang sudah tua dan mulai mengalai korosi pada bagian dalam tube yang diakibatkan oleh material asing dan hewan laut seperti teritip, dan berdampak pada menurunya kualitas minyak lumas yang tercampur dengan air laut dan dapat membahayakan mesin karena sistem pelumasan yang tidak maksimal. Upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab tersebut adalah dengan menutup tube yang bocor dengan menggunakan material yang keras seperti baja lalu dilapisi atau ditutup dengan menggunakan lem plastic steel dengan ujuan agar besi penutup tadi tidak terlepas kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Identifikasi,L.O Cooler, tube, pendingin, Minyak Lumas, Kapal
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 24 May 2022 06:34
Last Modified: 24 May 2022 06:34
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3850

Actions (login required)

View Item View Item