MUHAMMAD, DWILANA ARIFIANTO (2022) IDENTIFIKASI PENYEBAB TURBOCHARGER SURGING PADA DIESEL GENERATOR NO. 3 DI MV. URMILA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (541711206422T_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711206422T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (541711206422T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711206422T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (541711206422T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
541711206422T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (306kB) |
Abstract
INTISARI Arifianto, Muhamad Dwilana. 2022. NIT: 541711206422 T, “Identifikasi Penyebab Turbocharger Surging Pada Diesel Generator no. 3 di MV. Urmila”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Tony Santiko, S.ST, M.Si., M.Mar.E, Pembimbing II: Dr. Andy Wahyu Hermanto, S.T., M.T. Turbocharger merupakan bagian dari mesin diesel yang berfungsi menghasilkan udara diatas 1 atmosfer, dimana maksud dan tujuan agar dalam proses pembakaran yang sempurna dan menghasilkan daya yang lebih besar pada mesin diesel dibanding tanpa menggunakan turbocharger. Dalam hal ini penulis ingin menguraikan dan mengidentifikasi penyebab turbocharger surging pada diesel generator no. 3. Surging merupakan gangguan berkala dari suplai udara pada turbocharger. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya surging, pada kapal MV. Urmila kisi kisi intercooler yang berkerak dan terkikisnya sudu�sudu turbine whell yang menjadi penyebab utama terjadinya surging, hal ini berdampak pada menurunnya performa diesel generator dan kerusakan pada bushing . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Observasi, wawancara dan studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data yang relevan. Dalam menulis skripsi, penulis menggunakan 2 metode analisis dan pengolahan data yaitu metode Fishbone dan SWOT. Dimana Fishbone digunakan untuk mencari dan mendapatkan akar penyebab permasalahan dan metode SWOT digunakan untuk mencari faktor penyebab dari masalah. Selain itu juga digunakan untuk dampak dan upaya apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil penelitian menunjukan turbocharger surging pada diesel generator di MV. Urmila disebabkan oleh menumpuknya kerak pada kisi-kisi intercooler, terkikisnya sudu-sudu turbine whell, ketrampilan kerja yang kurang, ketidaksesuaian perawatan dan perbaikan dengan manual book dan kualitas bahan air filter yang rusak setelah dicuci chemical. Untuk mencegah faktor penyebab tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pembersihan dan perawatan intercooler secara maksimal, melakukan penggantian turbine whell yang rusak, melakukan pengarahan, pelatihan dan training bagi engineer yang akan bekerja dikapal, membaca dan mengamati manual book sebagai panduan pelakukan pekerjaan perawatan turbocharger dan melakukan penggantian air filter baru dengan kualitas bagus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Tubocharger, Intercooler, Turbine Whell, Air Filter. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 06:26 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 06:26 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3840 |
Actions (login required)
View Item |