ANALISIS MENURUNNYA VISKOSITAS BAHAN BAKAR MFO TERHADAP KINERJA INJECTOR PADA MAIN ENGINE DI MV. KT 02

ALDIN, ALDIN (2022) ANALISIS MENURUNNYA VISKOSITAS BAHAN BAKAR MFO TERHADAP KINERJA INJECTOR PADA MAIN ENGINE DI MV. KT 02. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711206381T_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711206381T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711206381T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711206381T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (18MB)
[img] Pdf (541711206381T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
541711206381T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (286kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Aldin, NIT : 541711206381 T, 2022 “Analisis Menurunnya Viskositas Bahan Bakar MFO Terhadap Kinerja Injector Pada Main Engine di MV. KT02”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Kepala Pusat Pengembangan Pengabdian Masyarakat, Pembimbing I: H. Mustholiq, M.M., M.Mar.E, dan Pembimbing II: Febria Sujarman, M.T., M.Mar.E. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja faktor penyebab menurunnya viskositas bahan bakar MFO pada Main Engine di MV. KT 02, untuk menganalisis dampak apa yg ditimbulkan dari faktor penyebab menurunnya viskositas bahan bakar MFO pada Main Engine di MV. KT 02, untuk menganalisis upaya apa yang dilakukan untuk mencegah menurunnya viskositas bahan bakar MFO pada Main Engine di MV. KT 02. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode Fishbone dan SWOT. Dalam hal pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi di lapangan secara lansung dengan menggunakan dokumen di kapal, kemudian dengan wawancara terhadap para pihak terkait yang dalam hal ini para perwira kapal serta didukung kuat dengan kepustakaan baik berupa foto untuk mendukung tujuan penelitian. Pada hasil penelitian ini diperoleh penyebab turunnya viskositas bahan bakar MFO terhadap kinerja injector pada Main Engine disebabkan oleh faktor pengaturan suhu bahan bakar yang kurang tepat dan purifier bekerja dengan flow rate yang tidak sesuai standar kapasitas dan tidak normalnnya temperatur bahan bakar MFO. Untuk itu perlu dilakukan pengaturan suhu bahan bakar dengan tepat, memberikan zat kimia tambahan pada bahan bakar, melakukan perawatan pada purifier dan memberikan arahan kepada Engineer untuk melakukan pengecekan sesuai dengan PMS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Main Engine, SWOT, Viskositas Bahan Bakar
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:19
Last Modified: 27 Apr 2022 02:11
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3832

Actions (login required)

View Item View Item