PENANGANAN BOCORNYA PIPA HIDROLIK PADA HATCH COVER DI KAPAL MV. ANDHIKA KANISHKA

M. FARIZ, SEPTIAWAN (2022) PENANGANAN BOCORNYA PIPA HIDROLIK PADA HATCH COVER DI KAPAL MV. ANDHIKA KANISHKA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106328N_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711106328N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711106328N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711106328N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Septiawan, M. Fariz 2022, NIT : 541711106328 N, “Penanganan bocornya pipa hidrolik pada hatch cover di kapal MV. Andhika Kanishka”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. Eko Murdiyanto, Sp1, M.Pd, M.Mar . Pembimbing II: Sri Purwantini, S.E., S.Pd., M.Hum. Pipa hidrolik merupakan pipa khusus yang dirancang untuk dapat menahan tekanan tinggi yang berasal dari power pack, yang diperuntukkan untuk membuka dan menutup hatch cover. Adanya pipa hidrolik yang kurang akan perawatan yang detil, maka menyebabkan kebocoran pipa hidrolik khususnya pada hatch cover. Maka dari itu, penanganan yang cepat dan tepat sangat diperlukan apabila terjadi kebocoran pipa hidrolik pada hatch cover. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya kebocoran pipa hidrolik pada hatch cover serta bagaimana penanganan yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi kebocoran pipa hidrolik tersebut. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam hal pengumpulan data, peneliti mengggunakan metode observasi di lapangan secara langsung, kemudian dengan wawancara terhadap para pihak terkait yang dalam hal ini para perwira kapal serta didukung kuat dengan kepustakaan.Dari hasil penelitian ditemukan beberapa faktor yang dapat menyebabkan pipa hidrolik bocor. Antara lain dikarenakan pipa yang sudah berkarat disebabkan karena kurangnya perawatan. Dan upaya yang harus dilakukan agar pipa hidrolik tidak bocor adalah dengan cara perawatan secara berkala. Dengan pengambilan kesimpulan yang didapat dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh penulis, diharapkan sistem perawatan yang dilakukan dapat menangani resiko bocornya pipa hidrolik pada hatch cover. Sehingga proses buka dan tutup hatch cover dapat berfungsi dengan baik, dan proses bongkar muat dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pipa hidrolik, hatch cover
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:45
Last Modified: 09 May 2022 08:34
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item