CARGO LOSS PADA SAAT BONGKAR MUATAN DI MT. GALUNGGUNG

GANI, AZIS HARDIKA (2022) CARGO LOSS PADA SAAT BONGKAR MUATAN DI MT. GALUNGGUNG. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611105909N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105909N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611105909N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611105909N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (5MB)
[img] Pdf (531611105909N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
531611105909N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (230kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Hardika, Gani Azis, 531611105909 N, 2022, “Cargo Loss Pada Saat Bongkar Muatan di MT. Galunggung”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Samsul Huda, M.M., M.Mar., Pembimbing II: Vega Fonsula Andromeda, S.ST., S.Pd., M.Hum. Dalam kegiatan disribusi muatan kapal tanker, selisih perhitungan angka muatan merupakan hal yang sering terjadi. Selisih perhitungan muatan yang tidak terkontrol akan menyebabkan hilang muatan atau cargo loss. Oleh karena itu perusahaan yang bergerak di bidang distribusi minyak memberikan toleransi yang dijadikan acuan batasan perbedaan angka muatan. Apabila ditemukan perbedaan angka perhitungan yang melebihi toleransi maka disebut dengan susut muatan (cargo loss). Ditemukan dugaan cargo loss pada saat kapal MT. Galunggung melakukan kegiatan bongkar muatan. Terdapat selisih perhitungan muatan yang melebihi batas toleransi dan menyebabkan terjadinya cargo loss. Maka perlu di selidiki penyebab selisih perhitungan yang menyebabkan cargo loss tersebut. Pada penelitian yang berkaitan, ditemukan permasalahan yang menyebabkan selisih angka muatan. Sehingga diidentifikasi mengenai faktor dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi perbedaan angka muatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data berupa data primer yang diperoleh melalui observasi. Data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi cargo loss pada saat kapal MT. Galunggung akan melaksanakan bongkar muatan di pelabuhan Balongan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya selisih angka muat (discrepancy) yang melebihi toleransi dan mengakibatkan terjadinya cargo loss. Cara mencegah dan menanggulangi cargo loss di atas kapal MT. Galunggung berdasarkan hasil observasi adalah dengan cara melakukan double check hasil pengukuran dan perhitungan muatan, kalibrasi dan perawatan alat ukur yang digunakan, dan menghindari melakukan pengukuran pada saat cuaca buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Muatan, Selisih, Susut Muat,
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:18
Last Modified: 13 Apr 2022 03:54
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3759

Actions (login required)

View Item View Item