EVALUASI PELAYARAN MV.PALUNG MAS PADA RUTE T-11 PROGRAM TOL LAUT

GEOFANY, YUDA PERKASA (2022) EVALUASI PELAYARAN MV.PALUNG MAS PADA RUTE T-11 PROGRAM TOL LAUT. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106315N_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711106315N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711106315N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711106315N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Geofany Yuda Perkasa, 2022, NIT:541711106315 N, ”Evaluasi Pelayaran MV.Palung Mas Pada Rute T-11 Program Tol Laut”, Skripsi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. H. Sumardi, SH, M.M., M.Mar., Pembimbing II : Nasri, M.T., M.Mar.E. Program tol laut pada trayek T-11 yang dilayari oleh Kapal MV. Palung Mas bertujuan menghadirkan distribusi barang dari pelabuhan satu ke pelabuhan yang lain dengan rutin dan terjadwal serta menjangkau ke seluruh wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan di Indonesia. Tujuan dari penulisan penelitian mengenai evaluasi pelayaran MV.Palung Mas pada rute T-11 program tol laut adalah: 1) untuk mengetahui kendala –kendala yang dihadapi MV.Palung Mas ketika berlayar pada rute T-11 program tol laut. 2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala pada pelayaran MV. Palung Mas pada rute T-11 program tol laut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci penyebab terkendalanya pelayaran MV.Palung Mas pada rute T-11 program tol laut. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka terkait literasi yang berhubungan dengan program tol laut pada rute T-11. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ketersediaan pandu dibeberapa pelabuhan singgah trayek T-11 program tol laut. 2) Sistem bongkar muat pada salah satu pelabuhan singgah yang tidak efektif menyebabkan waktu sandar lebih lama. 3) laju sedimentasi dibeberapa pelabuhan singgah menyebabkan perbedaan informasi antara peta laut dengan kondisi sebenarnya. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi :1) mengadakan koordinasi dengan seluruh crew kapal untuk manuver tanpa pandu serta mempersiapkan segala sesuatu untuk kondisi bahaya navigasi. 2) Mengatur, merencanakan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan bongkar muat peti kemas agar lebih efektif. 3) Berkomunikasi dengan kapal lain yang telah melintasi alur pelabuhan yang dituju.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tol laut, Pelayaran, Efisiensi
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:42
Last Modified: 29 Mar 2022 03:42
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3721

Actions (login required)

View Item View Item