UPAYA PENCEGAHAN MENINGKATNYA TEKANAN TANGKI SAAT PROSES PEMUATAN DI KAPAL VLGC PERTAMINA GAS 2

AINUN, AGYFANI (2022) UPAYA PENCEGAHAN MENINGKATNYA TEKANAN TANGKI SAAT PROSES PEMUATAN DI KAPAL VLGC PERTAMINA GAS 2. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106282N_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711106282N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711106282N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711106282N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Agyfani, Ainun 541711106282 N, 2022, “Upaya Pencegahan Meningkatnya Tekanan Tangki Saat Proses Pemuatan di Kapal VLGC Pertamina Gas 2”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Suherman, M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Nur Rohmah, SE., M.M. Kondisi high pressure pada tangki saat pemuatan adalah hal yang sangat dihindari oleh kapal pengangkut gas karena bahaya yang ditimbulkan serta resiko tinggi terhadap kebakaran dan ledakan pada tangki muatan. Oleh karena itu diperlukan penanganan muatan yang benar agar proses pemuatan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Pada saat kapal VLGC Pertamina Gas 2 memuat di Ras Laffan, Qatar cuaca di terminal sangat panas sehingga temperatur muatan meningkat. Kenaikan temperatur tersebut menyebabkan tekanan tangki meningkat juga. Peningkatan tekanan tersebut harus dicegah dengan memperhatikan proses pemuatan agar tidak menimbulkan tekanan balik ke terminal, kebakaran dan ledakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang menyebabkan peningkatan tekanan tangki dan mengidentifikasi upaya yang dilakukan untuk mengatasi peningkatan tekanan tangki saat proses pemuatan di kapal VLGC Pertamina Gas 2. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang merupakan metode penelitian dengan cara memaparkan hasil dari semua studi dan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara mengamati langsung objek penelitian, melakukan wawancara dengan beberapa narasumber di kapal VLGC Pertamina Gas 2 dan dokumentasi langsung pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan peningkatan tekanan tangki saat proses pemuatan di kapal VLGC Pertamina Gas 2 adalah suhu muatan dari terminal yang panas dan reliquefaction system pada kapal tidak berjalan optimal. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi peningkatan tekanan tangki saat proses pemuatan di kapal VLGC Pertamina Gas 2 melaksanakan pendinginan tangki sebelum dan selama pemuatan, menjalankan reliquefaction system serta mengawasi tekanan dan suhu tangki saat pemuatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tekanan tangki, pemuatan, kapal VLGC
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:53
Last Modified: 29 Mar 2022 02:53
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3713

Actions (login required)

View Item View Item