DOLLY, EKA BAHARI (2021) PENELAAHAN TIDAK OPTIMALNYA PRODUKSI PADA NITROGEN GENERATOR DI KAPAL LNG/C TANGGUH FOJA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (51145470T_PROSIDING_FULLTEXT)
51145470T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) | Request a copy |
Abstract
Intisari- Udara merupakan bagian dari atmosfer bumi yang membungkus bumi dengan ketebalan ± 86 km di atas permukaan tanah yang sebagian besarnya merupakan gas nitrogen. Gas nitrogen bersifat lembam dan tidak korosif sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya bahaya ledakan dan kebakaran di kapal. Di atas kapal, terdapat permesinan bantu yang dapat menghasilkan gas nitrogen yaitu nitrogen generator. Di kapal LNG/C Tangguh Foja terjadi suatu masalah terhadap nitrogen generator, permasalahannya adalah terjadi penurunan pada produksi gas nitrogen yang dihasilkan oleh nitrogen generator. Tujuan dari penelitian dimaksudkan untuk mengidentifikasi faktor penyebab, dampak dari faktor penyebab dan upaya untuk mengatasi penyebab terjadinya penurunan kapasitas pada nitrogen generator. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka yang akan dianalisa menggunakan metode SHEL yang dikategorikan menjadi software, hardware, environment dan lifeware. Setelah mengetahui dan menjabarkan tentang faktor kemungkinan penyebab terjadinya penurunan kapasitas pada nitrogen generator, kemudian penulis menentukan dan membahas mengenai faktor penyebab, dampak serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi penyebab terjadinya penurunan kapasitas pada nitrogen generator di kapal LNG/C Tangguh Foja dengan menggunakan metode analisis fishbone. Dari hasil penelitian yang didapat di kapal, diketahui bahwa faktor penyebab terbesar akan terjadinya penurunan kapasitas pada nitrogen generator adalah faktor hardware dari metode SHEL yang juga merupakan faktor machine dari metode fishbone. Faktor penyebab terbesar ini adalah rusaknya screw compressor dan kotornya filter dryer, kedua hal tersebut berakibat pada naiknya dewpoint pada nitrogen generator. Setelah itu dilakukan perbaikan dan penggantian spare part pada bagian yang rusak dan untuk mencegah terjadinya permasalahan yang sama di masa yang akan datang, maka dilakukan perawatan yang sesuai dengan maintenance plan oleh para engineer di kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Nitrogen generator, SHEL dan fishbone, hardware |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 02:04 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 02:04 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3702 |
Actions (login required)
View Item |