TANGGUNG JAWAB PELAYANAN JASA TRANSPORTASI LAUT OLEH PT.PELNI TERHADAP PENUMPANG DAN BARANG

I MADE, RENDRA SEPTIAN (2021) TANGGUNG JAWAB PELAYANAN JASA TRANSPORTASI LAUT OLEH PT.PELNI TERHADAP PENUMPANG DAN BARANG. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (51145120N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145120N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (51145120N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145120N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI I Made Rendra Septian, 2021, NIT: 51145120 N, “Tanggung Jawab Pelayan Jasa Transportasi Laut Oleh PT. PELNI Terhadap Penumpang dan Barang”, Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. DWI ANTORO MM., M. Mar dan Pembimbing II: SRI MURDIWATI, S.Sos, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab pengangkut dengan adanya laik layar dan untuk mengetahui pelaksanaan hubungan tanggung jawab pengangkut dengan penumpang yang tidak membayar tiket dan kesiapan barang yang akan dikirim. Penelitian ini bersifat empiris dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap pihak – pihak yang terkait dengan topik penelitian. Selain itu, penulis juga melakukan penelitian kepustaka melalui data – data dan buku – buku yang berkaitan dengan topik penelitian. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif yang kemudian dipaparkan secara deskriptif. Adapun hasil penelitan ini yaitu: 1) kapal yang disediakan oleh pengangkut harus memenuhi syarat keselamatan (laik layar). Syarat keselamatan kapal ditentukan melalui klasifikasi kapal untuk dapat menentukan peruntukan dan trayek kapal tertentu, jumlah penumpang harus sesuai dengan kapasitas muatan kapal, kesiapan barang yang akan dikirim dan awak kapal yang sudah memenuhi persyaratan yang di atur dalam Undang – undang, serta kelengkapan kapal yang sudah sesuai dengan Undang – undang dan standart operasional prosedur yang berlaku. 2) berdasarkan peraturan internal PT. Pelayaran Indonesia (PELNI) ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan bagi penumpang yang tidak memiliki tiket atau penumpang ilegal seperti, diturunkan pada pelabuhan terdekat, disuruh membayar atau disita barang bawaannya, dipekerjakan sampai pelabuhan tujuan, dan dimasukan ke dalam sel kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tanggung jawab, Laik Layar, Pengangkut, Penumpang.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 29 Mar 2022 01:41
Last Modified: 29 Mar 2022 01:41
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3697

Actions (login required)

View Item View Item