ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KEBOCORAN PLAT TANKTOP PALKA NO 5 DI KAPAL MV. KT 06

RIO, ERSANDI MOCHTAR (2021) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KEBOCORAN PLAT TANKTOP PALKA NO 5 DI KAPAL MV. KT 06. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106351N_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711106351N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711106351N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711106351N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Mochtar, Rio Ersandi 541711106351 N, 2021, “Analisis Faktor Penyebab Kebocoran Plat Tanktop Palka No 5 Di Kapal MV. KT 06”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Firdaus Sitepu, S.ST., M.Si., M.Mar, Pembimbing II: Ria Hermina Sari, SS.,M.Sc. Indonesia merupakan Negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya berupa lautan, sehingga Indonesia membutuhkan jenis transportasi yang dapat menjadi penghubung. Transportasi laut merupakan alat yang efisien yaitu kapal. Penulis membahas salah satu jenis kapal yaitu kapal curah yang memuat batu bara. Kondisi dari suatu kapal sangat mempengaruhi kelancaran dalam pengangkutan batu bara tersebut. Pada saat penulis melaksanakan praktik laut di kapal MV. KT 06, penulis menemukan adanya genangan air yang berada di palka no 5. Ternyata hal tersebut terjadi karena plat tanktop yang berlubang sehingga air yang berada di tangki ballast menggenangi palka no 5. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya kebocoran plat tanktop palka no 5 di kapal MV. KT 06 dan tindakan untuk mengatasi kebocoran plat tanktop palka no 5 di kapal MV. KT 06. Dalam melaksanakan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data. Untuk menguji keabsahan data, penulis melakukan triangulasi sumber data. Hasil data yang sudah teruji keabsahannya akan dianalisis menggunakan fault tree analysis. Dari hasil penelitian dapat diketahui jika terdapat lubang-lubang pada plat tanktop palka sejumlah 8 lubang yang menyebabkan keluarnya air dari tangki ballast sehingga menggenangi palka no 5. Faktor yang menyebabkan kebocoran plat tanktop adalah kondisi plat tanktop yang sudah menipis karena usia kapal, minimnya perawatan plat tanktop, kurangnya pengawasan terhadap kinerja pekerja bongkar muatan dan minimnya peran perusahaan mendukung kinerja perawatan di atas kapal. Tindakan untuk mengatasi kebocoran plat tanktop yaitu melaksanakan deballasting ballast tank menggunakan kinerja pompa GS dan pompa celup, melaksanakan penambalan plat baru, melaksanakan pengamatan langsung saat selesai kegiatan discharging dan melaksanakan sounding rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kebocoran, plat tanktop, perawatan
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 25 Mar 2022 02:38
Last Modified: 25 Mar 2022 02:38
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item