MARSA, VIRTUOSO AZZURO (2020) TERBAKARNYA ELECTRIC MOTOR PADA POMPA GS DI MV.KT 02. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (531611206056T_SKIRPSI_FULLTEXT)
531611206056T_SKIRPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611206056T_SKRIPSI_OPEN_ACCESSS)
531611206056T_SKRIPSI_OPEN_ACCESSS.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Azzuro, Marsa Virtuoso. 2020, NIT: 531611206056 T, “Terbakarnya electric motor pada pompa gs di MV.KT02”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Budi Joko Raharjo, M.M., Pembimbing II: Vega Fonsula Andromeda, S.St., S.S.Pd. Pompa gs adalah suatu pesawat bantu yang berfungsi untuk memindahkan fluida dari suatu tempat ketempat lainya, melalui suatu media pipa dengan cara menambahkan energi pada fluida cair tersebut dengan terus menerus, energi tersebut digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan pengaliran itu dapat berupa perbedaan tekanan, perbedaan ketingiian atau hambatan gesek. Tujuan penelitian dalam rumusan masalah “Terbakarnya electric motor pada pompa gs diMV.KT02”, adalah: 1) Untuk mengetahui mengapa electric motor bisa terbakar, 2) Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang memnyebabkan electric motor terbakar, dan 3) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi terbakarnya electric motor pada pompa gs di MV.KT02. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian fishbone dan usg, yaitu digunakan untuk mencari faktorfaktor yang kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya terbakarnya electric motor pada pompa gs, mencari masalah dengab menarik selruh analisa dari tiap sebab kedalam sub sebab sehingga permasalahan paling mendasar terselesaikan. Di dalam penelitian ini, penulis akan menjelaskan mengenai penanganan dan perawatan yang harus dilakukan saat pengoprasian pompa gs dan kendala yang dijumpai saat pengoprasian pompa gs seperti: kerusakan shaft pompa yang bengkok disebabkan ball bearing pecah dan ketidak senteran kopling, kurangnya perawatan pompa gs yang menyebabkan rusaknya pada shaft pompa saat bongkar muat, dan suku cadang yang habis atau tidak tersedia di kapal. Berdasarkan kendala tersebut, penulis membuat penelitian ini dengan upaya penanganan dalam mengatasi kendala-kendala tersebut agar terhindar dari terbakranya electric motor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan, yaitu 1) Prosedur persiapan yang dilakukan masinis IV sebelum mengoperasi kan pompa gs harus dalam kondisi pengecekan yang baik, 2) Kerusakan fisik dan pesawat bantu pompa gs menjadi kendala terhadap menurunnya perawatan pada pompa gs, dan 3) Untuk menghindari terbakarnya electric motor pada pompa gs, prosedur atau upaya yang dilakukan untuk menangani kendala tersebut adalah melakukan tindakan perbaikan oleh crew engine kapal dan melakukan pengecekan lebih terhadap pompa gs agar tidak terjadinya terbakar electric motor pada pompa gs.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: shaft pompa bengkok, penanganan, perawatan |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 03:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:23 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3635 |
Actions (login required)
View Item |