OPTIMALISASI PERBAIKAN DAN PERAWATAN HEAVY FUEL OIL PURIFIER DI MV. ANDHIKA PARAMESTI

ROSI, IRWANDI (2021) OPTIMALISASI PERBAIKAN DAN PERAWATAN HEAVY FUEL OIL PURIFIER DI MV. ANDHIKA PARAMESTI. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711206432T_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711206432T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711206432T_SKRIPSI_OPEN_ACCES)
541711206432T_SKRIPSI_OPEN_ACCES.pdf

Download (704kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Rosi Irwandi, 541711206432.T, 2021, “Optimalisasi Perbaikan dan Perawatan Heavy Fuel Oil Purifier Di MV. Andhika Paramesti” Dengan Metode Strength, Weakness, Oppurtunities, Threats (SWOT)” dan Metode Software, Hardware, Environment, Liveware (SHEL) Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Dwi Pasetyo, MM, M.Mar .E. dan Pembimbing II: Capt. Arika Palapa M. Si., M. Mar Pesawat F.O Purifier merupakan pesawat bantu yang sangat penting di atas kapal, pesawat ini menggunakan prinsip dasar dari perbedaan berat jenis suatu zat sehingga zat-zat tersebut dapat dipisahkan secara sempurna atau dengan cara lain menggunakan prinsip sentrifugal. Dalam bagian bab ini menjelaskan bagaimana prinsip kerja F.O Purifier, fungsi dari komponen-kompenen yang berhubungan dengan bahan bakar serta menjelaskan bagaimana prinsip kerja dari perbedaan berat jenis suatu zat sehingga zat-zat tersebut dapat terpisah secara sempurna dan bagaimana cara pengoperasian F.O Purifier secara tepat sesuai dengan instruction manual book. Metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengatasi masalah adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode analisis data SWOT (strength, weakness, opportunities, threats) dan SHEL (software, hardware, environment, liveware) untuk menentukan masalah prioritas pada F.O Purifier. Pokok masalah yang paling dominan untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut yaitu kotoran berlebih pada bowl yang menyebabkan overflow, serta tidak presisinya vertical dan horizontal shaft yang menyebabkan getaran tidak normal pada F.O Purifier. Hal tersebut dapat di analisa saat dilakukannya pengecekan terhadap F.O Purifier. Hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah pelaksanaan, pencegahan, penanganan dan evaluasi pada saat terjadinya overflow serta getaran yang tidak normal pada F.O Purifier di kapal MV. Andhika Paramesti. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai kerja pesawat F.O Purifier yang optimal, maka dalam perawatan bowl harus sesuai dengan instruction manual book serta running hours dari pesawat F.O Purifier tersebut, serta untuk menghindari getaran tidak normal pada F.O Purifier pada saat pembongkaran maupun perakitan kembali diharuskan melihat instruction manual book, ini berguna untuk menghindari kerusakan maupun kesalahan pada saat pembongkaran maupun perakitan kembali vertical dan horizontal shaft F.O Purifier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Fuel oil purifier Metode SWOT dan SHE
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:04
Last Modified: 25 Mar 2022 01:45
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item