SYAFIRA, NURSYUFANA (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA KEAGENAN TANKER DI PT. PERTAMINA TRANS KONTINENTAL CABANG SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (541711306508K_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711306508K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (541711306508K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711306508K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Syafira Nursufyana, 2021, NIT: 541711306508 K, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Keagenan Tanker di PT. Pertamina Trans Kontinental cabang Surabaya”, Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Sri Purwantini, SE., S.Pd., M.M., Pembimbing II: Dr.Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. Proses distribusi sumber daya khususnya bahan bakar minyak (BBM) menggunakan kapal tanker menjadi pilihan utama bagi negara kepulauan karena laut menjadi jalur distribusi. Hal ini menyebabkan banyaknya perusahaan pelayaran yang bergerak di bidang keagenan khususnya kapal tanker harus bersaing dalam meningkatkan kualitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan penggunaan jasa keagenan tanker PT. Pertamina Trans Kontinental cabang Surabaya secara parsial maupun secara simultan atau bersama – sama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner kepada perusahaan pengguna jasa keagenan tanker sebagai sampel sebanyak 22 responden. Data kemudian dianalisis menggunakan skala pengukuran likert dan diuji dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat dan promosi secara bersama – sama atau simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa. Sedangkan secara parsial variabel produk dan harga berpengaruh signifikan serta tempat dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa keagenan tanker. Sebaiknya PT. Pertamina Trans Kontinental cabang Surabaya lebih memperhatikan faktor tempat dengan ketersediaan akses dan transportasi dan gencar melakukan promosi melalui media cetak maupun media sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bauran pemasaran, keputusan penggunaan jasa |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 03:04 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 02:32 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3538 |
Actions (login required)
View Item |