TURUN NYA TEKANAN KOMPRESI MAIN AIR COMPRESSOR TERHADAP PENGISIAN BOTOL ANGIN DI MV. TELUK BINTUNI

ANDHIKA, ANDALANTAMA HARAHAP (2021) TURUN NYA TEKANAN KOMPRESI MAIN AIR COMPRESSOR TERHADAP PENGISIAN BOTOL ANGIN DI MV. TELUK BINTUNI. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711206385T_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711206385T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (541711206385T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711206385T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Harahap, Andhika Andalantama, NIT: 541711206385 T, 2021 “Turun nya tekanan kompresi Main Air Compressor Terhadap Pengisian Botol Angin di MV. Teluk Bintuni”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Dwi Prasetyo, MM, M.Mar.E, dan Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST. Kompresor udara merupakan pesawat bantu di atas kapal yang berfungsi untuk mengkompresikan/memampatkan fluida (udara/gas) dari tekanan yang rendah ketekanan yang lebih tinggi. Main air compressor merupakan pesawat bantu yang sangat penting karena udara yang dihasilkan digunakan untuk media pejalan sebagai udara start motor induk dan permesinan bantu lainnya. Jika main air compressor terjadi penurunan tekanan kompresi maka akan mengakibatkan pengisian udara ke dalam botol angin terhambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah turun nya tekanan kompresi pada main air compressor sangat berpengaruh terhadap kinerja pengoperasian, apa penyebab turun nya tekanan kompresi, dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk optimalisasi tekanan kompresi pada main air compressor. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode SWOT diantaranya metode yang menjelaskan mengenai faktor-faktor kekuatan (strenghts), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) maka akan dapat diperoleh suatu tabel yang dapat mengatasi pengotimalan kinerja pada main air compressor. Kemudian menggunakan analisis SHEL yaitu metode yang berkaitan dengan faktor manusia yang menjelaskan ruang lingkup faktor manusia dengan hubungan faktor lingkungan. SHEL mempelajari interkasi antara Software, Hardware, Environment, dan Liveware. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan adalah tekanan kompresi sangat penting pada kinerja main air compressor karena tekanan yang kurang dapat menyebabkan udara yang dimampatkan dalam silinder tidak maksimal maka udara akan lolos dan menyebabkan kebocoran saat kompresi. Penyebab turun nya tekanan kompresi adalah aus dan patahnya ring piston dan kebocoran pada katup isap dan tekan. Dan bagaimana upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan perawatan secara rutin, membersihkan katup isap dan katup tekan, melakukan pengukuran pada ring piston dan selalu melakukan perawatan sesuai dengan PMS (plan maintenance system).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: main air compressor, katup isap dan katup tekan, ring piston.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:15
Last Modified: 22 Mar 2022 06:15
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item