PENANGANAN TEKANAN MUATAN PADA TANGKI SAAT DILAKUKAN BONGKAR MUAT DI KAPAL LNG/C TANGGUH FOJA

MUHAMAD, CAESAR RESKY (2021) PENANGANAN TEKANAN MUATAN PADA TANGKI SAAT DILAKUKAN BONGKAR MUAT DI KAPAL LNG/C TANGGUH FOJA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106333N_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711106333N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711106333N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711106333N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Resky, Muhamad Caesar, 541711106333 N, 2021, “Penanganan Tekanan Muatan Pada Tangki Saat Dilakukan Bongkar Muat Di Kapal LNG/C Tangguh Foja”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto, Sp1, M.Pd., M.Mar Pembimbing II: Febria Surjaman, M.T., M.Mar.E. Setiap kapal niaga pasti mengutamakan aspek keamanan, keselamatan dan kelancaran dalam setiap pelayarannya, baik itu keamanan, keselamatan dan kelancaran muatan, kapal maupun para crew kapal. Salah satu faktor penting untuk menjaga kelancaran dan keamanan muatan adalah Penangan Tekanan Muatan Pada Tangki. Maka dari itu, penanganan yang cepat dan tepat sangat diperlukan apabila terjadi perubahan terhadap Tekanan Muatan Pada Tangki seperti terjadinya kenaikan signifikan tekanan muatan pada tangki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya perubahan tekanan muatan pada tangki saat dilakukan bongkar muat serta bagaimana penanganan yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi perubahan tekanan muatan pada tangki. Dalam skripsi ini, penyebab perubahan tekanan muatan pada tangki serta bagaimana cara mengatasi perubahan tekanan muatan pada tangki menjadi landasan bagi pemecahan masalahnya. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam hal pengumpulan data, peneliti mengggunakan metode observasi di lapangan secara langsung, kemudian dengan wawancara terhadap para pihak terkait yang dalam hal ini para perwira kapal serta didukung kuat dengan kepustakaan baik berupa foto atau dokumen paper yang tentunya mendukung terhadap tujuan penelitian. Pada hasil penelitian ini, diperoleh penyebab terjadinya perubahan tekanan muatan pada tangki serta penanganan yang seharusnya dilakukan ketika terjadi perubahan tekanan muatan pada tangki saat dilakukan bongkar muat. Pelaksanaan prosedur yang harus dilakukan terutama ketika terjadi hal-hal yang tidak biasa seperti perbedaan nilai density muatan serta pengaruh cuaca yang dapat mempengaruh nilai tekanan muatan pada tangki. Adapun saran dari Peneliti ialah pelaksanaan bongkar muat diharuskan sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada. Pelaksanaan sirkulasi dan pencampuran muatan ketika memuat muatan yang berbeda massa jenis serta melaksanakan pengoptimalan penggunaan fuel gas burning dan gas combustion unit guna mengontrol jumlah vapour yang ada di dalam tangki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penanganan, tekanan muatan, bongkar muat
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:58
Last Modified: 22 Mar 2022 02:58
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3427

Actions (login required)

View Item View Item