OPTIMALISASI PELAKSANAAN TUGAS JAGA LAUT AGAR TIDAK TERJADI TUBRUKAN ANTARA MT. B. STAR DENGAN MT. AT LUCKY SAAT AKAN SANDAR SHIP TO SHIP

MUHAMMAD, RIDHO MAULANA H.P (2021) OPTIMALISASI PELAKSANAAN TUGAS JAGA LAUT AGAR TIDAK TERJADI TUBRUKAN ANTARA MT. B. STAR DENGAN MT. AT LUCKY SAAT AKAN SANDAR SHIP TO SHIP. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106329N_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711106329N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711106329N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711106329N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Pratama, Muhammad Ridho Maulana H, 541711106329 N, 2021, “Optimalisasi Pelaksanaan Tugas Jaga Laut Agar Tidak Terjadinya Tubrukan Antara MT. B. Star dengan MT. At Lucky Saat Akan Sandar Ship to Ship”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. H. Agus Hadi, M.Mar Pembimbing II: Darul Prayogo M.Pd. Seluruh negara yang memiliki kondisi geografis terdiri dari pulaupulau dan di kelilingi oleh perairan, kapal merupakan suatu moda transportasi yang dominan sehingga laut memegang peranan yang sangat penting bagi suatu negara dalam memajukan kondisi perekonomian negara tersebut. Dalam menciptakan moda transportasi laut diperlukan adanya manajemen yang dapat mengakomodasi secara maksimal keberadaan sistem transportasi nasional maupun internasional, sehingga tercipta transportasi global. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif. Dalam hal pengumpulan data, peneliti mengggunakan metode observasi di lapangan secara langsung dengan menggunakan dokumen kapal, kemudian dengan wawancara terhadap para pihak terkait yang dalam hal ini para perwira kapal serta didukung kuat dengan kepustakaan baik berupa foto atau dokumen letter yang tentunya mendukung terhadap tujuan penelitian. Pada hasil penelitian ini, diperoleh penyebab terjadinya tubrukan serta bagaimana penanganan yang dilakukan guna menangani tubrukan tersebut. Dan hendaknya setiap perusahaan pelayaran benar – benar melakukan perekrutan sesuai dengan prosedur yang baik dan benar. Nahkoda sebagai Personnal In Charge di atas kapal wajib memastikan seluruh crew di atas kapal memahami prosedur yang sudah ditetapkan dan hendaknya dilaksanakan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tubrukan, Ship to Ship, Standar Operasional Prosedur
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:11
Last Modified: 15 Mar 2022 02:11
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item View Item