SEBAB TERJADINYA CARGO RESIDUE SETELAH PELAKSANAAN BONGKAR SEMEN PADA PALKA 5 MV. PRINSESA MAGANDA DI PELABUHAN JURONG

I KADEK, ADHIMAS ERLAMBANG (2021) SEBAB TERJADINYA CARGO RESIDUE SETELAH PELAKSANAAN BONGKAR SEMEN PADA PALKA 5 MV. PRINSESA MAGANDA DI PELABUHAN JURONG. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611106032N_PROSIDING_FULLTEXT)
531611106032N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi- Pelaksanaan pembongkaran semen memerlukan persiapan yang maksimal serta dilakukan tindakan pencegahan untuk menghindari terjadinya cargo residue setelah pelaksanaan pembongkaran. Terkendalanya pembongkaran semen dengan alat bongkar yang tidak dapat membongkar semen secara menyeluruh menyebabkan banyaknya residu semen yang tersisa di palka 5 MV. Prinsesa Maganda. Permasalahan yang dialami dalam “Sebab Terjadinya Cargo Residue Setelah Pelaksanaan Bongkar Semen pada Palka 5 MV. Prinsesa Maganda di Pelabuhan Jurong”, adalah: 1) Mengapa terjadi cargo residue setelah pelaksanaan pembongkaran semen? 2) Bagaimana pelaksanaan pembongkaran semen yang tepat guna menghindari cargo residue setelah pelaksanaan pembongkaran semen? penelitian ini di laksanan pada 19 Desember 2018 sampai 20 Maret 2020. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang berisi pemaparan, uraian, dan penjelasan suatu objek sebagaimana adanya pada waktu tertentu dan tidak mengambil kesimpulan yang berlaku secara umum. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini observasi tentang penyebab terjadinya cargo residue setelah proses pembongkaran semen di Pelabuhan Jurong pada palka 5, mewawancari tiga narasumber yaitu Nahkoda, Mualim I dan Foreman, kemudian mengambil dokumentasi berupa foto ketika pelaksanaan pembongkaran semen ketika terjadi cargo residue untuk mendukung pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan, yaitu 1) Terjadinya cargo residue setelah pelaksanaan pembongkaran semen pada palka 5 disebabkan karena alat bongkar muat tidak dapat menjangkau sisa muatan, 2) Pelaksanaan pembongkaran semen yang tepat guna menghindari cargo residue dengan mengoperasikan alat bantu bongkar muat secara efektif dan efisien guna mengambil cargo residue

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Cargo, Pembongkaran, Residue, Stevedore.
Subjects: Prosiding
Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:33
Last Modified: 23 Feb 2022 01:33
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3333

Actions (login required)

View Item View Item