PENYEBAB TERJADINYA CARGO RESIDUE SETELAH PROSES PEMBONGKARAN SEMEN DI PELABUHAN JURONG PADA PALKA 5 MV. PRINSESA MAGANDA

I KADEK, ADHIMAS ERLAMBANG (2021) PENYEBAB TERJADINYA CARGO RESIDUE SETELAH PROSES PEMBONGKARAN SEMEN DI PELABUHAN JURONG PADA PALKA 5 MV. PRINSESA MAGANDA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611106032N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611106032N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611106032N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611106032N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Erlambang, I Kadek Adhimas, 531611106032 N, 2021, “Penyebab Terjadinya Cargo Residue Setelah Proses Pembongkaran Semen di Pelabuhan Jurong Pada Palka 5 MV. Prinsesa Maganda”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto, Sp1, M.Pd, M.Mar, Pembimbing II: Darul Prayogo, M.Pd. Semen adalah jenis muatan yang berfungsi sebagai bahan utama dalam merekatkan bahan konstruksi bangunan. Karena semen adalah perekat hidrolis, maka muatan semen mudah mengeras dan rusak saat terkena air, sangatlah penting untuk membersihkan sisa semen secara maksimal. Pelaksanaan pembongkaran semen memerlukan persiapan yang maksimal serta dilakukan tindakan pencegahan untuk menghindari terjadinya cargo residue setelah pelaksanaan pembongkaran. Terkendalanya pembongkaran semen dengan alat bongkar yang tidak dapat membongkar semen secara menyeluruh menyebabkan banyaknya residu semen yang tersisa di palka 5 MV. Prinsesa Maganda. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan menjadikan pelaksanaan bongkar semen terhindar dari cargo residue. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif. Dalam hal pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi di lapangan secara langsung, kemudian dengan wawancara terhadap para pihak terkait yang dalam hal ini para perwira kapal serta didukung kuat dengan kepustakaan baik berupa foto atau dokumen paper yang tentunya mendukung terhadap tujuan penelitian. Pada hasil penelitian ini, diperoleh penyebab terjadinya cargo residue pada saat pelaksanaan bongkar semen di Pelabuhan Singapura serta bagaimana pelaksanaan pembongkaran semen guna menghindari terjadinya cargo residue. Mualim I, Mualim Jaga dan Foreman yang bertanggung jawab terhadap bongkar muat harus lebih tegas dalam mengarahkan Stevedore agar disiplin dalam bekerja sehingga pelaksanaan bongkar berjalan lancar dan bekerja sesuai prosedur yang ada. Adapun saran dari penulis para Stevedore pelabuhan meningkatkan kualitas kemampuan dalam bekerja serta meningkatkan jumlah Stevedore dan menambah fasilitas yang tersedia dari alat bongkar dan alat bantu bongkar yang ada sehingga terjadinya cargo residue dalam jumlah banyak dapat terhindarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Cargo, Pembongkaran, Residue, Stevedore
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:30
Last Modified: 23 Feb 2022 01:30
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item