NAIKNYA TEMPERATUR MINYAK LUMAS TERHADAP PENGOPERASIAN CARGO OIL PUMP DI MT. OCEANIA

ARDIAN, PUTRA DAMARA (2021) NAIKNYA TEMPERATUR MINYAK LUMAS TERHADAP PENGOPERASIAN CARGO OIL PUMP DI MT. OCEANIA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611206075T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206075T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611206075T_SKRIPSI_OPEN_ACCES)
531611206075T_SKRIPSI_OPEN_ACCES.pdf

Download (720kB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

INTISARI Damara, Ardian Putra, 2021, NIT: 531611206075 T, “Naiknya Temperatur Minyak Lumas Terhadap Pengoperasian Cargo Oil Pump Di MT. Oceania”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Tony Santiko, S.ST, M.Si. dan Pembimbing II: Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar. Cargo oil pump merupakan permesinan bantu penunjang operasi bongkar muatan kapal tanker minyak yang terdapat pada pump room. Pompa ini berfungsi untuk memindahkan atau memompa muatan dari tanki ke tanki atau ke tempat penampungan lain seperti kapal lain dan pelabuhan tujuan. cargo oil pump sendiri memiliki media penggerak berupa media uap melalui turbin uap dan dihubungkan ke cargo oil pump. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dengan fault tree analysis dan USG (Urgency, Seriousness, Growth) untuk teknik identifikasi masalah dan teknik analisis data, peneliti menganalisis faktor yang menyebabkan naiknya temperatur minyak lumas pada cargo oil pump di MT. Oceania, dampak yang diakibatkan dari naiknya temperatur minyak lumas pada cargo oil pump di MT. Oceania dan menjelaskan upaya mengatasi naiknya temperatur minyak lumas pada cargo oil pump di MT. Oceania. Berdasarkan penelitian ada beberapa faktor yang menyebabkan naiknya temperatur minyak lumas cargo oil pump di MT. Oceania yaitu kondisi LO Cooler yang kotor yang menyebabkan perpindahan panas dari minyak lumas ke media pendingin kurang optimal, kondisi Strainer pompa pendingin air laut yang kotor yang menyebabkan kurangnya suplai media pendingin yang menuju ke LO Cooler, kualitas minyak lumas yang buruk yang menyebabkan ausnya bagian cargo oil pump, kelalaian dalam perawatan LO Cooler yang menyebabkan LO Cooler kotor, kelalaian pengoperasian LO Cooler yang menyebabkan tidak efisiennya kerja cargo oil pump, dan kurangnya jumlah minyak lumas yng menyebabkan pendinginan cargo oil pump kurang optimal. Upaya yang dilakukan adalah pembersihan LO Cooler yang kotor, pembersihan strainer pompa pendingin air laut yang kotor, menambahkan jumlah minyak lumas, menimbulkan kesadaran masinis untuk melaksanakan PMS (Plan Maintenance System), menimbulkan kesadaran crew mesin untuk menjalankan cargo oil pump dengan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Cargo oil pump, lubricating oil cooler, minyak lumas, FTA, USG
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 02 Jul 2021 06:30
Last Modified: 02 Jul 2021 06:30
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3281

Actions (login required)

View Item View Item