ANALISIS PENYEBAB KEBOCORAN PLAT PALKA NO.5 PADA MV. KT 06

RIVO, ILHAM FAHRIAN NEGARA (2021) ANALISIS PENYEBAB KEBOCORAN PLAT PALKA NO.5 PADA MV. KT 06. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611106043N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611106043N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611106043_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611106043_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

ABSTRAKSI Negara, Rivo, Ilham, Fahrian 531611106043 N, 2021, “Analisis Penyebab Kebocoran Plat Palka No.5 Pada MV. KT 06”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar., Pembimbing II: R.A.J. Susilo Hadi Wibowo, S.IP, MM Perkembangan transportasi laut dewasa ini begitu pesat sesuai perkembangan zaman. Pelabuhan PLTU Suralaya merupakan pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik yang terletak di Kecamatan Pulo Merak, Kota Cilegon, Banten, Indonesia. Dalam kegiatanya Pelabuhan PLTU Suralaya melakukan pembongkaran batu bara untuk produksinya. Dalam pelaksanaan pembongkaran muatan tersebut sering terjadi kecelakaan bocornya plat palka no.5 pada MV.KT 06 Adapun tujuan yang hendak dicapai dari hasil penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kebocoran plat palka no.5 pada MV. KT 06 dan Bagaimana tindakan untuk mengatasi kebocoran plat palka no.5 pada MV. KT 06. Dalam skripsi ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mengatur suatu metode penelitian dengan menggunakan beberapa aspek seperti Pengumpulan data lewat riset pustaka, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini penulis melakukan observasi langsung ke pihak tenaga kerja bongkar muat dank e perwira kapal, penulis melaksanakan wawancara dengan chief officer, foreman, pihak tenaga kerja bongkar muat yang berhubungan langsung dengan proses bongkar tersebut. Penulis juga melakukan pengambilan gambar guna mendukung keabsahan data dalam penulisan skripsi ini. Dari hasil penelitian dapat diketahui faktor-faktor yang menyebabkan kebocoran plat palka no.5 pada MV. KT 06 antara lain yaitu 1) Terbentur alat bongkar muat Grab. 2) Karena plat palka yang sudah menipis. 3) Tenaga operator crane yang kurang terampil pada peralatan bongkar muat. 4) Kurangnya pengawasan dari foreman atau pihak pelabuhan. Untuk itu saran yang diberikan yaitu : 1) Pihak pelabuhan memberikan stok minuman kopi dan peralatan pembuat minuman kopi agar operator gantry crane tidak merasa kantuk. 2) Pihak pelabuhan untuk selalu mengecek keadaan mesin penggerak gantry crane maupun alat pendukung grab. 3) Perlu di adakan pelatihan keahlian dan keterampilan untuk pihak operator gantry crane. 4) Perlu di beri pengawasan kepada operator gantry crane. 5) Pihak pemilik kapal, kapal harus melaksanakan dry dock (dock besar) khusus untuk pergantian plat palka dan perlu di adakan maintenance khusus perawatan plat palka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kebocoran, bongkar muat, plat palka
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 02 Jul 2021 04:13
Last Modified: 02 Jul 2021 04:13
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item