AGUNG, BHAKTI SETYONUGROHO (2021) ANALISIS GENANGAN AIR BALLAST DI PALKA 4 YANG MEMPENGARUHI TERHAMBATNYA PROSES MEMUAT DI MV.DK 03. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (531611105932N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105932N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611105932N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611105932N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Setyonugroho, Agung Bhakti, 531611105932 N, 2021, “Analisis Genangan Air Ballast Di Palka 4 Yang Mempengaruhi Terhambatnya Proses Memuat Batu Bara Di MV. DK 03”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Ali Imran Ritonga, MM, M.Mar., Pembimbing II: Dwi Prasetyo, M.M., M.Mar.E. Palka (cargo hold) adalah suatu tempat yang disiapkan khusus sebagai penyimpanan dan pemadatan muatan diatas kapal. Konstruksi palka (cargo hold) harus tahan air atau water tight dari air laut maupun air hujan. Palka terdiri dari beberapa bagian yaitu hatch cover, hatch coaming dan tank top. Ruang muat yang baik dan strategis secara langsung menjamin keselamatan muatan itu sendiri, akan tetapi terkadang kontruksi palka yang seharusnya saat pemuatan harus bersih pada kenyataannya tidak sesuai kondisi yang seharusnya. MV. DK 03 yang disebabkan kerusakan peralatan yang ada didalam palka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dan dampak bocornya sounding pipe dan tersumbatnya bilges pipe line yang mengakibatkan banjirnya palka 4 MV. DK 03. Setelah diketahui factor dan dampaknya maka diperlukan bagaimana cara penanggulangan agar masalah tersebut tidak terjadi kembali. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yang diambil adalah data primer dan sekunder. Observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data, sehingga didapatkan teknik keabsahan data triangulasi yaitu teknik pemeriksaan yang memanfaatkan penggunaan sumber dan metode. Dengan membandingkan hasil pengamatan dengan hasil data wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penyebab genangan pada palka 4 di akibatkan oleh bocornya sounding pipe dan tersumbatnya bilges pipe line yang mengakibatkan pompa bilges rusak, kerusakan peralatan-peralatan yang ada di dalam palka yang mengakibatkan shipper tidak memperbolehkan untuk proses memuat, prosedur jadwal yang belum jelas, keteledoran atau kelalaian crew kapal dalam melakukan perawatan pada peralatan-peralatan kapal dan hal itu mengakibatkan ancaman bagi crew kapal itu sendiri. Cara penanggulangannya adalah dengan melakukan perbaikan dan penggantian peralatan palka yang rusak, pembuatan prosedur yang jelas, meningkatkan sistem pengawasan, dan memberikan wawasan tentang bahayanya banjir didalam palka serta melakukan perawatan peralatan-peralatan diatas kapal secara terprogram.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: memuat, banjir, palka |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 03:50 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 03:50 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3273 |
Actions (login required)
View Item |