ARIEF PRADANA, PUTRA (2021) PERAWATAN MUATAN LPG FULLY PRESSURIZED TERHADAP KUANTITASNYA DIKAPAL GAS ATTAKA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (531611105902N_PROSIDING_FULLTEXT)
531611105902N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
Abstract
Arief Pradana Putra, 531611105902 N, 2021, “Perawatan Muatan LPG Fully Pressurized Terhadap Kuantitasnya Dikapal Gas Attaka”, Progam Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, Mm, M.Mar., Pembimbing II: H. Mustholiq, MM, M.Mar.E. MT. Gas Attaka merupakan kapal Tanker LPG dengan jenis Fully Pressurized milik perusahaan PT.Pertamina Shipping. Perawatan muatan LPG Fully Pressurized bertujuan untuk menjaga kuantitasnya. Sehingga setelah dilaksanakannya perawatan muatan tersebut diharapkan muatan propane dan butane ini dapat stabil kuantitasnya tidak berkurang. Berkaitan dengan hal tersebut maka yang di bahas dalam rumusan masalah adalah : 1) Mengapa pada muatan LPG fully pressurized dapat mengalami penurunan kuantitasnya saat berada di atas kapal? 2) Bagaimana cara merawat muatan LPG fully pressurized secara efektif untuk mencegah penurunan kuantitasnya saat berada diatas kapal? 3) Upaya apa yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penurunan kuantitas muatan LPG fully pressurized saat berada diatas kapal? Dipaparkan pula referensi yang menunjang mengenai teori sistem perawatan muatan LPG, manajemen SDM dan terminologi yang digunakan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif kualitatif, ditunjang dengan observasi, dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan penulis mengenai perawatan muatan LPG fully pressurized terhadap kuantitasnya diatas kapal, penulis menemukan beberapa faktor penyebab terjadinya penurunan kuantitas dari muatan tersebut, beserta cara penanggulangannya supaya kuantitas tetap terjaga dengan baik. Tentunya perawatan muatan tersebut tak lepas dari menjaga kestabilan pressure dan temperature muatan yang dimana jika temperature muatan tersebut naik akan mempengaruhi pressure tangki, jika melebihi batas MARVS 17,5 bar maka muatan gas tersebut akan keluar dengan sendirinya melalui vent mask yang dapat menyebabkan kuantitas muatan menjadi berkurang dan sistem tersebut sering disebut sebagai jantung kapal LPG fully pressurized. Penulis menyimpulkan bahwa menjaga dan merawatan muatan secara efektif itu harus sesuai dengan prosedur, yang menjadikan sistem berjalan dengan baik. Perawatan berkala terhadap komponen dan pemahaman dalam perawatan muatan menjadikan kendala-kendala dalam perawatan muatan dapat dihilangkan. Sehingga tujuan dari perawatan muatan terpenuhi, kuantitas muatan terjaga dengan baik diatas kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menjaga kuantitas muatan, Temperature dan Pressure tangki |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 04:30 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 04:30 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3252 |
Actions (login required)
View Item |