PENGARUH PERAWATAN SEKOCI DAN DRILL SEKOCI TERHADAP PENANGANAN KEADAAN DARURAT ABANDON SHIP DI KAPAL TANKER

MUHAMMAD RIDWAN, FM (2021) PENGARUH PERAWATAN SEKOCI DAN DRILL SEKOCI TERHADAP PENANGANAN KEADAAN DARURAT ABANDON SHIP DI KAPAL TANKER. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611105981N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611105981N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (5MB)
[img] Pdf (531611105981N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105981N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

FM, Muhammad Ridwan, 531611105981 N, 2021, “pengaruh perawatan sekoci dan drill sekoci terhadap penanganan keadaan darurat abandon ship di kapal tanker”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Arika Palapa, M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Nur Rohmah, SE, M.M. Sekoci adalah alat keselamatan yang berfungsi sebagai boat untuk meninggalkan kapal ketika terjadi keadaan darurat. Terjadinya kecelakaan di kapal tanker dikarenakan kurangnya perawatan dan pengetahuan dari perwira penanggung jawab atas alat keselamatan serta kurangnya pengetahuan, skill dan pengalaman crew. Pada saat peneliti praktek di kapal MT. Kirana Nawa, kapal sedang dalam perjalanan dari Chittagong menuju Singapore, bertepatan dengan dilakukannya drill penanganan keadaan darurat abandon ship. Pada saat dilakukannya penurunan sekoci nomer dua, terjadi permasalahan saat maneouver dikarenakan sekoci belum standby engine sebelum menyentuh air (waterborn), sehingga sekoci penolong tersebut terhisap oleh air yang diakibatkan oleh laju kapal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perawatan sekoci terhadap penanganan keadaan darurat abandon ship di kapal tanker, untuk mengetahui pengaruh drill sekoci terhadap penanganan keadaan darurat abandon ship di kapal tanker dan untuk mengetahui pengaruh perawatan sekoci dan drill sekoci secara bersama-sama terhadap penanganan keadaan darurat abandon ship di kapal tanker. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kuantitatif menggunakan SPSS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner atau angket kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawatan sekoci berpengaruh positif dan signifikan terhadap penanganan keadaan darurat abandon ship di kapal tanker yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,817> 1,991) dan dikatakan signifikan karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Drill sekoci berpengaruh positif dan signifikan terhadap penanganan keadaan dadrurat abandon ship di kapal tanker yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (6,174 > 1,991) dan dikatakan signifikan karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Perawatan sekoci dan drill sekoci secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penanganan keadaan darurat abandon ship di kapal tanker yang dibuktikan dengan uji F atau sering dikenal dengan uji simultan. Dari uji F tersebut didapati nilai F hitung lebih besar daipada F tabel yaitu (41,874>3,12) dan nilai dari probabilitas yaitu 0,000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perawatan sekoci, drill sekoci, keadaan darurat abandon ship.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 29 Jun 2021 07:44
Last Modified: 29 Jun 2021 07:44
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3245

Actions (login required)

View Item View Item