MUHAMMAD ZENADA, ILHAM PRATAMA (2021) MENINGKATKAN KESELAMATAN BERNAVIGASI DENGAN MENGANALISA PENGGUNAAN GUARD ZONE PADA RADAR/ARPA KETIKA MELEWATI COLUMBIA RIVER DI MV. OCEAN SUKSES. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (531611105953N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105953N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611105953N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611105953N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pratama, Muhammad Zenada Ilham, 531611105953 N, 2021, “Meningkatkan Keselamatan Bernavigasi Dengan Menganalisa Penggunaan Guard Zone Pada Radar/ARPA Ketika Melewati Columbia River Di MV. Ocean Sukses”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Samsul Huda, MM, M.Mar, Pembimbing II: Yustina Sapan, S.ST, M.M. Keselamatan bernavigasi adalah suatu kondisi dimana kapal dapat dikatakan aman dan terhindar dari bahaya navigasi (tubrukan dan kandas). Keselamatan bernavigasi dapat dilaksanakan dengan melakukan navigasi berdasarkan peraturan yang berlaku. Alat navigasi dapat membantu untuk meningkatkan keselamatan bernavigasi, salah satunya radar/ARPA dengan tombol guard zone. Columbia river adalah sungai di negara Amerika dengan fungsi utama ekspor dan impor dengan geografi sungai yang sempit dan dangkal, sehingga menimbulkan resiko bahaya navigasi. Peneliti tertarik untuk mengangkat rumusan masalah untuk dibahas dalam judul “MENINGKATKAN KESELAMATAN BERNAVIGASI DENGAN MENGANALISA PENGGUNAAN GUARD ZONE PADA RADAR/ARPA KETIKA MELEWATI COLUMBIA RIVER DI MV. OCEAN SUKSES”. Peneliti menggunakan metode kualitatif berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis masalah fishbone analysis dan fault tree analysis (FTA), peneliti menganalisis faktor yang mempengaruhi tingkat keselamatan bernavigasi, menjelaskan resiko yang ditimbulkan dan cara meningkatkan keselamatan bernavigasi dengan menggunakan guard zone pada radar/ARPA. Hasil yang diperoleh penelitian ini adalah Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keselamatan bernavigasi di Columbia river yaitu crew yang kurang familiar dengan peralatan sehingga menghambat untuk mengambil tindakan, penggunaan radar/ARPA kurang optimal, keadaan arus yang kuat dan terdapat speedboat di tepi sungai. Resiko yang ditimbulkan dari rendahnya tingkat keselamatan bernavigasi di Columbia river tersebut adalah bahaya kandas dan tubrukan. Lebar sungai yang sempit dan dangkal menambah kemungkinan terjadinya resiko tersebut tinggi. Cara meningkatkan keselamatan bernavigasi dengan menggunakan guard zone pada radar/ARPA ketika melewati Columbia river dengan mengatur echo intensity dan penentuan area guard zone yang disesuaikan dengan setiap keadaan. Tujuannya untuk menghindari adanya false echo yang akan muncul di layar sehingga menyebabkan Perwira jaga salah dalam mengambil tindakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan Bernavigasi, Zona Pengawal, Radar/ARPA. |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 07:47 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 07:47 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3241 |
Actions (login required)
View Item |