ANALISIS KEBOCORAN EXHAUST VALVE PADA AUXILIARY ENGINE DI MT. SC ENTERPRISE LIX

ILHAM, PANGESTI (2021) ANALISIS KEBOCORAN EXHAUST VALVE PADA AUXILIARY ENGINE DI MT. SC ENTERPRISE LIX. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611206085T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206085T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611206085T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611206085T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

INTISARI Pangesti, Ilham, 2021, NIT: 531611206085 T : “Analisis Kebocoran Exhaust Valve pada Auxiliary Engine di MT. SC Enterprise LIX”, Skripsi Program Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing: (I) Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E. (II) Mohammad Sapta Heriyawan, S.Kom., M.Si. Exhaust valve atau katup gas buang pada sebuah auxiliary engine berfungsi sebagai saluran keluarnya gas hasil pembakaran. Exhaust valve dibuka oleh tuas yang digerakkan oleh poros dengan perantara tappet dan batang penekan. Exhaust valve mulai terbuka pada saat piston akhir langkah usaha dan mulai tertutup pada saat piston akhir langkah buang. Exhaust valve pada auxiliary engine mengalami kebocoran ketika penulis melakukan penelitian pada saat bongkar muatan didaerah Teluk Semangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis fault tree analysis (FTA) dan urgency, seriousness, growth (USG) dengan uji keabsahan data dilakukan triangulasi metode untuk mengetahui penyebab, pengaruh yang ditimbulkan, perawatan dan perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi kebocoran exhaust valve pada auxiliary engine. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kebocoran exhaust valve pada auxiliary engine disebabkan oleh kekurangan pendinginan pada katup gas buang yang diakibatkan karena cooler tersumbat pada sisi temperatur rendah serta kebocoran pipa sistem pendingin karena korosi, pengaturan celah katup yang tidak tepat, penggunaan bahan bakar berat, dan kelelahan bahan. Pengaruh yang ditimbulkan adalah kompresi yang kurang optimal dan kenaikan suhu gas buang pada exhaust manifold karena udara yang dikompresi oleh piston keluar melalui celah yang terdapat pada exhaust valve. Perawatan dan perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi penyebab kebocoran exhaust valve pada auxiliary engine yaitu mengganti katup gas buang dengan yang baru, melakukan perawatan rutin setiap 2000 jam kerja pada filter bahan bakar dan pengaturan celah katup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Analisis, Kebocoran, Exhaust valve, Auxiliary engine, Kompresi
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 29 Jun 2021 07:59
Last Modified: 29 Jun 2021 07:59
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item View Item