PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PELATIHAN BRIDGE SIMULATOR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI TARUNA NAUTIKA

HARRY MARDI MAWARDI, AREMA PUTRA (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PELATIHAN BRIDGE SIMULATOR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI TARUNA NAUTIKA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611105972N_PROSIDING_FULLTEXT)
531611105972N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

Putra, Harry M.M.A.2021. “ Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pelatihan Bridge Simulator Terhadap Peningkatan Kompetensi Taruna Nautika”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. Arika Palapa, M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Bapak Nasri, M.T., M.Mar.E. Dunia maritim saat ini telah memasuki era modern. Semakin berkembangnya dunia kemaritiman di era modern ini setiap pelaut semakin dituntut agar mempunyai kompetensi yang tinggi dan mampu melaksanakan tugas dengan baik dengan berpedoman dengan ilmu pengetahuan tentang kecakapan pelaut dan ilmu pengetahuan dalam memahami berbagai macam peraturan kepelautan. Ada banyak macam cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pelaut dan diantaranya adalah pelatihan menggunakan sarana bridge simulator. Akan tetapi pelatihan saja tidak menjamin adanya peningkatan kompetensi yang signifikan tanpa adanya motivasi belajar. Dengan adanya motivasi belajar ditambah dengan pelatihan bridge simulator maka akan meningkatkan kompetensi pelaut. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan proses penelitian berpendekatan kuantitatif, dan berjenis asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berupa kuesioner tentang motivasi belajar, pelatihan, dan peningkatan kompetensi. Responden yang di dapat dari perwakilan 4 instansi dan tiap instansi masing-masing 1 kelas dan dijadikan populasi sehingga berjumlah 103 dan didapat sample berjumlah 80 taruna. Objek dalam penelitian ini adalah taruna nautika dari 4 instansi/akademi berbeda yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Data tersebut diolah menggunakan software komputer IBM SPSS Statistics versi 23. Dalam Penelitian ini disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi. Hasil penelitian menyarankan agar instansi dapat membangun motivasi belajar dalam diri setiap taruna dan meningkatkan kualitas dan efektifitas pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi taruna nautika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Pelatihan, Kompetensi
Subjects: Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 29 Jun 2021 08:00
Last Modified: 29 Jun 2021 08:00
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item