GOVIND SUGANDA, WAHYUDI (2021) Turunnya tekanan pendingin air tawar pada main air compressor di LPG/C Gas Arar. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (govind Prosiding)
govind Prosiding.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) | Request a copy |
Abstract
Intisari- Kompresor merupakan suatu pesawat atau permesinan bantu, fungsi kompressor diatas kapal adalah untuk menghasilkan atau memproduksi udara/angin bertekanan tinggi. Kompressor udara juga digunakan untuk menambah energi kepada fluida gas/udara sehingga fluida tersebut dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lainnya secara berlanjut.udara bertekanan tinggi tersebut di simpan botol angin untuk kemudian dipergunakan sebagai supply start awal main engine (M/E), aux engine (A/E) dan permesinan lainya yang menggunakan sistem penumatik. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, triangulasi hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Digunakan teknik analisis data fault tree analysis dan USG, peneliti menganalisis faktor penyebab, dampak dan upaya yang dilakukan terkaitturunnya tekanan pendingin air tawar pada compressor. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya turunnya tekanan pendinign air tawar pada compressordisebabkan oleh kerusakan suction valve air tawar pendingin main air compressor, kebocoran sisstem pendingin dan kotornya sistem pendingin ai tawar main air compressor.Upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab tersebut mengganti suction valve, flexible hose, packing cylinder head dan membersihkan plate central cooler supaya pengoperasian main air compressor dapat maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis, Compressor, Pendingin, Air Tawar, Kapal. |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | admin admin admin |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 06:55 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 06:55 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3113 |
Actions (login required)
View Item |