RIYANG, GAETAMA (2021) MENJAGA TEKANAN CARGO TANK UNTUK MENCEGAH TERJADINYA VENTING DI KAPAL LNG/C SS. TANGGUH BATUR. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (531611106012N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611106012N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
|
Text (531611106012N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611106012N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Gaetama, Riyang, 531611106012 N, 2021, “Menjaga Tekanan Cargo Tank Untuk Mencegah Terjadinya Venting di Kapal LNG/C SS Tangguh Batur”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto, MM, M.Mar, Pembimbing II: Romanda Annas A., MM, M.Mar. SS. Tangguh Batur merupakan salah satu kapal pengangkut LNG yang dioperasikan oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Jepang bernama NYK LINE. Venting adalah suatu proses pada kapal LNG carrier (pengangkut gas alam cair) yang bertujuan untuk merilis vapour (uap) keluar tangki muatan melalui vent mast (tiang corong). Perlu diketahui bahwa LNG sangat berbahaya jika dirilis dalam jumlah besar ke udara yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan ozon dan sebisa mungkin proses venting pada kapal LNG harus dihindari kecuali venting adalah jalan terakhir untuk merilis tekanan didalam cargo tank (ruang muat). Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengangkat rumusan masalah untuk dibahas dalam judul “Menjaga Tekanan Cargo Tank Untuk Mencegah Terjadinya Venting Di Kapal Lng/C Ss Tangguh Batur.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena pendekatan kualitiatif memberikan ruang pada peneliti dan narasumber untuk mengemukakan pendapat yang bersifat subjektif sehingga dapat memperjelas pemahaman mengenai hal yang diteliti dari sudut pandang orang yang terlibat didalamnya berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan teknik analisis masalah shel (software, hardware, environment, lifeware). peneliti menganalisis bagaimana tekanan tangki muatan dapat menyebabkan terjadinya venting dan upaya menjaga tekanan cargo tank untuk mencegah terjadinya venting di kapal LNG/C SS Tangguh Batur. Hasil yang diperoleh penelitian ini adalah bagaimana tekanan tangki muatan dapat mempengaruhi terjadinya venting yaitu apabila tekanan didalam tangki muatan terus bertambah melebihi MARVS (maximum allowable reliefe valve setting), perubahan loading rate secara tiba-tiba, kurangnya suplai Boil-Off Gas ke ruang mesin. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya venting antara lain adalah dengan memantau tekanan dengan teliti agar tidak menyentuh batas MARVS, menambah suplai boill-off gas ke ruang mesin, dan meningkatkan kecepatan kapal agar konsumsi bahan bakar meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Venting, vapour, MARVS (maximum allowable reliefe valve setting) |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 07:29 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 07:29 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3063 |
Actions (login required)
View Item |