FREDI, SARIYANTO (2021) MACETNYA MAIN BEARING PADA MAIN ENGINE NINGBON 6DKM-26E DI SPB LANDSEADOOR 16. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (531611206081T_PROSIDING_FULLTEXT)
531611206081T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
Abstract
Intisari- Main Bearing adalah bantalan poros engkol atau crankshaft guna mempersempit gaya gesek yang diberikan kepada dua lapisan material yang saling bersinggungan atau metal to metal contact. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Fault tree analysis dan USG digunakan untuk identifikasi dan teknik analisis data. Peneliti menganalisis faktor penyebab, dampak yang ditimbulkan, dan mencari upaya yang dilakukan untuk mencegah dampak dari faktor yang menjadi penyebab macetnya main bearing pada main engine di kapal SPB Landseadoor 16. Berdasarkan penelitian yang dilakukan faktor yang menyebabkan macetnya main bearing pada main engine Ningbo 6DKM-26 di SPB Landseadoor 16 yaitu clearance antara main bearing dan crankshaft sempit. Hal ini menyebabkan gesekan antara main bearing dan crankshaft karena pelumasan tidak bisa masuk kedalam celah anara crankshaft dan main bearing. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan perawatan pembersihan pada L.O Cooler dan seachast sehingga air laut yang masuk ke L.O Cooler maksimal dan tidak ada kotoran pada filter, serta melakukan pengecekan setiap bulannya terhadap clearance main bearing untuk mencegah penyempitan pada celah main bearing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: main bearing, main engine, SPB Landseadoor 16, FTA, USG |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | admin admin admin |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:54 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 03:54 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3047 |
Actions (login required)
View Item |