ANALISIS MACETNYA MAIN BEARING PADA MAIN ENGINE NINGBO 6DKM-26e DI SPB LANDSEADOOR 16

FREDI, SARIYANTO (2021) ANALISIS MACETNYA MAIN BEARING PADA MAIN ENGINE NINGBO 6DKM-26e DI SPB LANDSEADOOR 16. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611206081T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206081T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611206081T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611206081T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

INTI SARI Sariyanto, Fredi, 2021, NIT: 531611206081 T, “Analisis Macetnya Main Bearing Pada Main Engine Ningbon 6DKM-26e Di SPB Landseadoor 16”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Abdi Seno, M.Si, M.Mar.E dan Pembimbing II Capt. H . S. Sumardi , SH, MM., M.Mar Main Bearing adalah salah satu komponen mesin diesel yang terdiri dari satu lapis padat material dengan ketebalan tertentu yang berfungsi sebagai bantalan poros engkol atau crankshaft guna mempersempit gaya gesek yang diberikan kepada dua lapisan material yang saling bersinggungan atau metal to metal conact. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Fault tree analysis dan USG digunakan untuk identifikasi dan teknik analisis data. Peneliti menganalisis faktor penyebab, dampak yang ditimbulkan, dan mencari upaya yang dilakukan untuk mencegah dampak dari faktor yang menjadi penyebab macetnya main bearing pada main engine di kapal SPB Landseadoor 16. Berdasarkan penelitian yang dilakukan faktor yang menyebabkan macetnya main bearing pada main engine Ningbo 6DKM-26 di SPB Landseadoor 16 yaitu clearance antara main bearing dan crankshaft sempit. Hal ini menyebabkan gesekan antara main bearing dan crankshaft karena pelumasan tidak bisa masuk kedalam celah anara crankshaft dan main bearing. Faktor lain adalah turunnya tekanan minyak lumas, kinerja L.O Cooler tidak optimal. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan perawatan pembersihan pada L.O Cooler dan seachast sehingga air laut yang masuk ke L.O Cooler bisa maksimal dan tidak ada hambatan dari kotoran pada filter, serta melakukan pengecekan setiap bulannya terhadap clearance main bearing yang berguna menghindari penyempitan pada celah main bearing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: main bearing, main engine, SPB Landseadoor 16, FTA, USG
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:52
Last Modified: 29 Jun 2021 03:52
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item View Item