OPTIMALISASI PENANGANAN PROSEDUR MEMASUKI ENCLOSE SPACE GUNA MENGURANGI KECELAKAAN KERJA DI MT. RAINA

ARSA, BELTSAZAR (2021) OPTIMALISASI PENANGANAN PROSEDUR MEMASUKI ENCLOSE SPACE GUNA MENGURANGI KECELAKAAN KERJA DI MT. RAINA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611105937N_SKRISI_FULLTEXT)
531611105937N_SKRISI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611105937N_SKRISI_OPEN_ACSESS)
531611105937N_SKRISI_OPEN_ACSESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

ABSTRAKSI Arsa Beltsazar, 2020 NIT: 531611105937 N,“Optimalisasi Penanganan Prosedur Memasuki Enclose Space Guna Mengurangi Kecelakaan di MT. RAINA”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Samsul Huda, MM, M.Mar, Pembimbing II: Wahyu Hermanto, Mt. Enclose Space adalah tempat atau ruang terbatas dimana ruangan tersebut tidak terdapat ventilasi secara terus menerus sehingga udara dalam ruang tersebut berbahaya bagi manusia. Hal ini disebabkan adanya gas hydrocarbon, gas beracun, serta kurangnya kadar oksigen yang dikandung. Kapal tanker terdiri dari tangki-tangki yang digunakan untuk menampung muatan. Sehingga dalam pengoprasian bongkar muat maupun perawatan kapal, masuk ke dalam enclose space adalah hal yang biasa. Seringnya terjadi kecelakaan kerja di dalam enclose space dikarenakan tidak mematuhi prosedur yang ada. Peneliti tertarik mengangkat rumusan masalah untuk dibahas dalam judul “OPTIMALISASI PENANGANAN PROSEDUR MEMASUKI ENCLOSE SPACE GUNA MENGURANGI KECELAKAAN DI MT. RAINA” Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dengan teknik identifikasi masalah fishbone analysis, peneliti menganalisis faktor kecelakaan kerja pada prosedur memasuki enclose space yang terjadi di atas kapal, dan menjelaskan upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja di dalam enclose space. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor Kecelakaan kerja yang terjadi di dalam enclose space disebabkan oleh kurangnya perawatan pada alat keselamatan yang akan digunakan untuk bekerja di ruang tertutup sehingga crew tidak dapat medeteksi kandungan gas dan oksigen dengan benar serta kurangnya persiapann dan pengawasan pada saat bekerja di dalam ruang tertutup. Kecelakaan kerja yang ada di enclose space masih terjadi, dikarenakan kurang pengawasan dari officer. Kurang baiknya kondisi gas detector ketika digunakan deck crew pada saat bekerja juga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. Penerapan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang kurang benar. Upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab tersebut adalah Planned Management System (PMS) sangatlah diperlukan agar rencana perawatan alat keselamatan dapat terkondisikan. Pelaksanaan PMS dilakukan secara rutin setiap mingguan, bulanan dan tahunan sesuai dengan jadwal yang terdapat pada PMS.. Setiap kegiatan di enclosed space harus sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP) yang didalamnya mencakup Enclosed Space Entry Permit sehingga harus ditingkatkan lagi. Kata Kunci: Prosedur, Enclose Space, Kecelakaan Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Prosedur, Enclose Space, Kecelakaan Kerja.
Subjects: Prosiding > Nautika
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:57
Last Modified: 15 Dec 2022 08:54
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3038

Actions (login required)

View Item View Item