RAYNALDO, DWI GATANDA (2020) ANALISIS KERUSAKAN MECHANICAL SEAL PADA SEA WATER COOLING PUMP MAIN ENGINE DI SELF PROPELLER BARGE (SPB) LAIS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (531611206064.T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206064.T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611206064.T_SKRIPSI_OPEN ACCESSS)
531611206064.T_SKRIPSI_OPEN ACCESSS.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Raynaldo Dwi Gatanda, 2020, NIT: 531611206064.T, “Analisis kerusakan mechanical seal pada sea water cooling pump main engine di self propeller barge (SPB) Lais”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Drs. Edy Warsopurnomo, MM, M.Mar.E. Pembimbing II: Febria Surjaman, MT, M.Mar.E Dalam menunjang kelancaran pengoperasian mesin induk diperlukan sistem pendinginan. Terdapat dua sistem pendinginan yaitu sistim pendingin terbuka dan sistem pendingin tertutup. Apabila pendinginan terbuka mengalami kendala maka akan berdampak pada pengoperasian mesin induk menjadi tidak optimal. Kendala tersebut dapat diatasi apabila telah memahami faktor kerusakan pada sea water cooling pump main engine yang mengalami kerusakan pada mechanical seal, dampak yang terjadi, serta upaya-upaya yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode diagram tulang ikan dan metode USG (Urgency, Seriousness, Growth). Diagram tulang berfungsi untuk menghubungkan antara sebab dan akibat sedangkan metode USG bertujuan untuk menetapkan urutan proritas masalah dengan teknik penilaian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor kerusakan mechanical seal pada sea water cooling pump main engine terjadi karena jam kerja dari sea water cooling pump main engine sudah tinggi, pemilihan spare part tidak sesuai dengan standart, terjadi kerusakan pada bearing sea water cooling pump main engine dan kurangnya perawatan pada sea water cooling pump main engine. Dampak yang terjadi apabila terjadi kerusakan mechanical seal pada sea water cooling pump main engine yaitu kerja dari sea water cooling pump main engine tidak maksimal, dapat menyebabkan high water temperature pada mesin induk dan mesin induk bekerja tidak maksimal. Upaya yang dilakukan agar mechanical seal pada sea water cooling pump bekerja dengan optimal adalah dengan melakukan perawatan pada sea water cooling pump main engine secara rutin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Sistem pendingin, pompa, mekanikal seal. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 07:38 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 07:38 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3002 |
Actions (login required)
View Item |