FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN BEARING PADA INTERMEDIATE SHAFT BEARING DI MT. KUANG

IFTI, GRANDIS A (2020) FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN BEARING PADA INTERMEDIATE SHAFT BEARING DI MT. KUANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155801 T_PROSIDING_FULLTEXT)
52155801 T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

Intisari, Intermediate shaft bearing merupakan bantalan penopang poros penghubung yang terletak di antara mesin induk dan propeller shaft, berfungsi sebagai penahan beban shaft tersebut sehingga dapat memperkecil timbulnya kebengkokan pada shaft. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing, dampak yang ditimbulkan serta upaya yang dilakukan untuk mencegah kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fishbone dan SHEL. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor penyebab kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing di MT. Kuang adalah adanya lumpur pada minyak pelumas yang disebabkan oleh pemakaian minyak pelumas dalam jangka waktu yang lama tanpa penggantian. Dampak yang ditimbulkan adalah keausan pada bearing dan shaft serta memicu kebengkokan pada shaft. Upaya untuk pencegahan faktor-faktor penyebab kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing adalah dengan pengecekan pada suhu dan volume minyak pelumas serta melakukan pengantian minyak pelumas secara rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : bantalan, bantalan poros penghubung, minyak pelumas
Subjects: Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 27 Nov 2020 06:24
Last Modified: 27 Nov 2020 06:24
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item