ANALISIS KERUSAKAN PADA KLEP GAS BUANG MOTOR INDUK DI MV. ENERGY MIDAS

MUHAMMAD, SUHARTO (2020) ANALISIS KERUSAKAN PADA KLEP GAS BUANG MOTOR INDUK DI MV. ENERGY MIDAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611206179T_skripsi_fulltext)
531611206179T_skripsi_fulltext watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611206179T_open access)
531611206179T_open access watermark.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

INTISARI MUHAMMAD SUHARTO. 2020, NIT : 531611206179 T, “Analisis Kerusakan Pada Klep Gas Buang Motor Induk Di MV. Energy Midas”, Skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E dan Pembimbing II: H. Moh Zaenal Arifin, S.ST, M.M Klep gas buang adalah salah satu katup yang terdapat pada mesin diesel dua langkah, katup ini berfungsi sebagai pintu keluarnya gas hasil pembakaran di dalam silinder. Terjadinya kerusakan pada klep gas buang mesin induk sangat berpengaruh terhadap temperatur gas buang mesin induk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan klep gas buang pada mesin induk, untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari kerusakan klep gas buang pada mesin induk dan untuk mengetahui upaya apa yang perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan pada katup gas buang mesin induk di MV. Energy Midas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan metode Fishbone Analysis dan USG (Urgency, Seriuosnees, Growth). Pendekatan metode Fishbone Analysis digunakan untuk mengidentifikasi faktor penyebab kerusakan exhaust valve dan pendekatan metode USG (Urgency, Seriousnees, Growth) digunakan untuk menguatkan faktor yang diperoleh dari metode Fishbone Analysis. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukan bahwa faktor penyebab kerusakan klep gas buang pada mesin induk di MV. Energy Midas adalah tidak terlaksananya PMS (Planned Maintenance System), kurangnya pengetahuan dari crew mesin. Dampak yang ditimbulkan adalah naiknya temperatur gas buang akibat adanya pengendapan kerak pada pinggiran katup dan dudukan katup, pengaturan celah katup tidak tepat. Upaya yang harus dilakukan adalah dengan melaksanakan perawatan klep gas buang sesuai dengan PMS (Planned Maintenance System), pengaturan celah katup sesuai dengan instruction manual book MITSUI MAN B&W.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis, Klep gas buang, Temperatur gas buang, Mesin induk
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:14
Last Modified: 26 Nov 2020 03:14
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item