KURANG OPTIMALNYA LUBRICATION OIL COOLER PADA MESIN INDUK DI KM.SPIL NIRMALA

MUHAMMAD, HILMI MA'RUF (2020) KURANG OPTIMALNYA LUBRICATION OIL COOLER PADA MESIN INDUK DI KM.SPIL NIRMALA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611206090T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206090T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611206090T_SKRIPSI_OPENACCES)
531611206090T_SKRIPSI_OPENACCES.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

ABSTRAKSI Muhammad Hilmi Ma’ruf, 531611206090 T, 2020, “Kurang optimalnya lubrication oil cooler pada mesin induk di KM. SPIL NIRMALA”, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I Dwi Prasetyo, MM, M.Mar. E dan Pembimbing II Capt.Samsul Huda, MM, M.Mar. Pelumasan merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan mengingat bahwa bila sampai terjadi suatu kelambatan dalam pelumasan atau pelumasan yang tidak sempurna makan akan mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian yang bergesekkan, rendahnya tekanan minyak lumas merupakan salah satu faktor penyebab tidak sempurnanya pelumasan pada mesin. Guna pelumasan bagi kinerja mesin induk yaitu untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin induk yang lain Penelitian ini dilaksanakan di KM.Spil Nirmala, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fishbone Diagram dan USG (Urgency, Seriousness, dan Growth). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah faktor yang menyebabkan kurang optimalnya lubrication oil cooler, dampak apa yang ditimbulkan akibat kurang optimalnya lubrication oil cooler, upaya apa yang dilakukan agar lubrication oil cooler berjalan dengan optimal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ada beberapa faktor yang menyebabkan kurang optimalnya lubrication oil cooler pada mesin induk yaitu faktor mesin meliputi kerusakan pada gasket, faktor manusia yaitu kurangnya pemahaman masinis tentang lo cooler, faktor metode pengoperasian dan perawatan yaitu ketidaksesuain dalam melaksanakan PMS (Plan Maintenance System) serta faktor lingkungan yaitu kotornya filter sea chest. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan atau penggantian gasket pada plate lo cooler, pentingnya pemahaman masinis tentang lo cooler, melaksanakan PMS (Plan Maintenance System), dan melakukan pembersihan pada filter sea chest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pelumasan, Fishbone Diagram, USG, KM.Spil Nirmala
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2020 07:00
Last Modified: 25 Nov 2020 07:00
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item