NUR, YAHYA KRISDIANTORO (2020) ANALISIS KERUSAKAN SEAL PADA STERN TUBE DI MV. BARA ANUGERAH. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (531611206183T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206183T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611206183T_SKRIPSI_OPENACCES)
531611206183T_SKRIPSI_OPENACCES.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Nur Yahya Krisdiantoro, 531611206183.T, 2020. “Analisis Kerusakan Seal Pada Stern Tube Di MV. Bara Anugerah”. Skripsi. Program Diploma IV, Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T., Pembimbing II: Febria Surjaman, MT, M.Mar.E Stern tube berfungsi sebagai penyekat terjadi kebocoran air laut masuk kedalam kapal atau kebocoran minyak pelumas keluar ke air laut. Seal merupakan bagian utama dari komponen stern tube pada suatu mesin yang berfungsi menyekat pelumas. Pelumas digunakan pada tempat-tempat dimana terjadi gesekan pada bagian mesin untuk memastikan pergerakannya menjadi halus dan umurnya menjadi panjang, dan oil seal digunakan untuk mencegah terjadinya kebocoran. Permasalahan yang penulis ambil dengan menggunakan rumusan masalah faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan seal pada stern tube, dampak apa yang ditimbulkan jika kerusakan seal terjadi pada stern tube, serta bagaimana upaya yang dilakukan untuk meminimalkan penyebab kerusakan seal pada stern tube. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik fishbone analysis yaitu Machine, Man, Material, Management. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan mengamati pada saat penulis melakukan analisis kerusakan seal pada stern tube di MV. Bara Anugerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab kerusakan seal pada stern tube adalah kelalaian pada saat olah gerak, biaya administrasi perawatan terlalu rendah, serta perubahan bentuk akibat kelelahan bahan dan akibatnya akan berdampak pada timbulnya kerusakan terhadap seal yang berada pada stern tube, dan kelelahan bahan karet yang dapat menjadi kaku dan keras jika diberi tekanan lebih akan menyebabkan karet pecah. Upaya yang dilakukan untuk meminimalkan penyebab kerusakan seal pada stern tube adalah dengan membuat sebuah table schedule maintenance yang ditanda tangani oleh kepala kamar mesin (KKM), rencana perawatan sesuai jam kerjanya (rest hours) serta mengajukan permintaan kepada pihak perusahaan untuk lebih mementingkan terhadap kebutuhan yang ada di kapal. Saran untuk penilitian ini adalah perawatan sesuai dengan jam kerja yang sudah ditentukan pada manual book, tanggap terhadap permintaan masinis di kapal baik dari segi suku cadang maupun alat-alat penunjang operasional kapal, serta sebelum dan sesudah bekerja sebaiknya KKM selalu mengadakan meeting di kamar mesin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Seal, Pelumas Stern tube, Analisis kerusakan, Fishbone Analys |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 04:29 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 04:29 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2942 |
Actions (login required)
View Item |