Analisis Penyebab Naiknya Temperatur Udara Bilas Pada Ruang Scaving Air Mesin Diesel Penggerak Utama MV. Pan Energen

REZA, ROFIUL AZIZ (2020) Analisis Penyebab Naiknya Temperatur Udara Bilas Pada Ruang Scaving Air Mesin Diesel Penggerak Utama MV. Pan Energen. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611206095 T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206095 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611206095 T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611206095 T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Reza Rofiul Aziz, 531611206095 T, 2020, “Analisis Penyebab Naiknya Temperatur Udara Bilas Pada Ruang Scaving Air Mesin Diesel Penggerak Utama MV. Pan Energen”, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I Abdi Seno, M.Si, M.Mar. E dan Pembimbing II Poernomo Dwi Atmojo, SH, MH Proses pembakaran pada mesin diesel dapat terjadi dengan adanya unsur bahan bakar, panas, dan udara. Dalam proses pembakaran dan proses udara bilas, udara bertekanan diperoleh dari turbocharger yang ditampung didalam ruang scaving air. Siklus pembakaran bergantung dari temperatur udara yang dimasukan ke dalam silinder. Penelitian ini menggunakan rumusan masalah yaitu apa faktor penyebab, apa dampak dari faktor penyebab, dan bagaimana upaya untuk menangani dampak dari faktor penyebab, dengan metode atau pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yaitu menggunkan teknik observasi (pengamatan), wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian ada beberapa faktor yang menyebabkan naiknya temperatur udara bilas pada ruang scaving air mesin diesel penggerak utama MV. Pan Energen yaitu faktor mesin meliputi rusak/patahnya ring piston dan filter turbocharger yang kotor, faktor manusia yaitu kelalaian masinis dikapal dalam menjalankan perawatan mesin, faktor metode pengoperasian dan perawatan yaitu prosedur tidak sesuai dengan instruction manual book, serta faktor lingkungan yaitu temperatur kamar mesin yang meningkat. Upaya yang dilakukan adalah penggantian pada ring piston yang patah dan filter turbocharger yang kotor, menimbulkan kesadaran masinis untuk melaksanakan PMS (Plan Maintenance System), melakukan tool box meeting (rapat sebelum bekerja) serta menyalakan blower (kipas) dan membuka pintu langit-langit kamar mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Udara bilas, temperatur, turbocharger, mesin diesel, fishbone
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:18
Last Modified: 24 Nov 2020 03:18
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2905

Actions (login required)

View Item View Item