FREDDY, ADE S.SINAGA (2020) ANALISIS PROSES LOADING KAYU (LOG) DI MV. PAN DAISY. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (SKRIPSI_FREDDY A.S. SINAGA_531611105998_N)
SKRIPSI_FREDDY A.S. SINAGA_531611105998 N_WATERMARK.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (SKRIPSI OPEN ACCES FREDDY A.S. SINAGA_531611105998_N)
SKRIPSI_1,2,5_FREDDY A.S. SINAGA_531611105998_N.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Sinaga, Freddy Ade S, 531611105998 N, 2020, “Analisis Proses Loading Kayu (Log) di MV. Pan Daisy”, Progam Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Arika Palapa M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Ria Hermina Sari SS., M.Sc, MV. Pan Daisy merupakan kapal dengan jenis bulk semi log carrier milik perusahaan Pos Sm. Kapal ini dapat memuat muatan curah dan juga dapat memuat muatan kayu (log). Kayu (log) dapat dimuat di dalam palka (in hold) dan di atas geladak (on deck). Pada pemuatan kayu (log) secara on deck dibutuhkan dua jenis pengikatan (lashing) yaitu center lashing dan over lashing. Saat proses loading kayu (log) di atas geladak (on deck), peneliti menemukan terjadinya keterhambatan di Pelabuhan Tauranga. Oleh karenanya peneliti tertarik mengulas mengenai insiden tersebut. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemuatan kayu (log) secara on deck, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pemuatan kayu (log) on deck, dan 3) Bagaimana upaya mengatasi kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pemuatan kayu (log) on deck. Kayu (log) adalah bagian kayu yang besar atau panjang yang tidak beraturan atau belum diolah. Muatan ini dapat dimuat di dalam palka dan di atas geladak. Pada prinsipnya pemuatan kayu (log) harus memenuhi prinsipprinsip pemuatan, yaitu melindungi kapal, melindungi muatan, awak kapal, secara efisien dan sistematis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan anlisis fishbone untuk mengetahui gambaran faktor penyebab keterlambatan pemuatan kayu (log) secara on deck. Peneliti menemukan bahwa faktor yang menyebabkan terhambatnya proses loading kayu (log) secara on deck di Pelabuhan Tauranga adalah faktor sumber daya manusia (man) dimana banyak awak kapal yang belum memiliki pegalaman dalam memuat kayu (log) sebelumnya, faktor alat angkut (machine) adanya korsleting pada sensor safety limit crane kapal nomor 3, dan faktor teknik memuat (method) dimana awak kapal belum paham dalam cara pengikatan (lashing) terutama pada over lashing wire cargo. Ada baiknya pada saat pemberian pembekalan pemuatan edukasi sebelum melaksanakan pemuatan, disertakan gambar atau memperagakan langsung kepada awak kapal agar awak kapal lebih mudah paham dan mengerti. Disamping itu, perlu lebih sering dilakukannya perawatan alat angkut untuk menghindari adanya kerusakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kayu (log), loading, on deck, center lashing, over lashing, alat angkut (crane) |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 06:21 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 06:21 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2859 |
Actions (login required)
View Item |