COSY, ANGGORO MUKTI (2020) OPTIMALISASI PENERAPAN ISPS CODE DI MV. ORIENTAL SILVER DALAM UPAYA PENCEGAHAN PEMBAJAKAN DI PERAIRAN WANGI-WANGI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (531611106026N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611106026N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611106026N_SKRIPSI_OPENACCESS)
531611106026N_SKRIPSI_OPENACCESS.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Cosy Anggoro Mukti, 2020, NIT : 531611106026 N : ”Optimalisasi Penerapan ISPS Code di MV. Oriental Silver dalam Upaya Pencegahan Pembajakan di Perairan Wangi-Wangi”, Skripsi Program Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing : (I) Capt. Suherman, M.Si, M.Mar (II) Vega F. Andromeda, S.ST, S. Pd, M.Hum. Kapal merupakan alat transportasi yang mengangkut muatan yang mempunyai nilai jual. Hal ini menyebabkan kapal berpotensi menjadi sasaran pembajakan dan perompakan. Dalam jalur pelayaran yang dilewati MV. Oriental Silver terdapat perairan yang rawan tindak pembajakan salah satunya adalah Perairan Wangi-Wangi dimana pernah terjadi perompakan MV. Tanto Sakti 2 pada tanggal 29 Agustus 2017 pada pukul 21.30 waktu setempat. Dalam penelitian tentang “Optimalisasi Penerapan ISPS Code di MV. Oriental Silver dalam Upaya Pencegahan Pembajakan di Perairan Wangi-Wangi” ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimana kendala pelaksanaan serta bagaimana upaya pengoptimalan ISPS Code di MV. Oriental Silver dalam upaya pencegahan pembajakan di Perairan Wangi-Wangi. Peneliti menggunakan pendekatan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara serta observasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan masalah disimpulkan kendala pelaksanaan ISPS Code dalam upaya pencegahan pembajakan di MV. Oriental Silver antara lain: kurangnya literatur tentang ISPS Code dan pencegahan pembajakan, kurangnya pemahaman tentang ISPS Code, kurangnya pemahaman koordinasi pihak kapal dan perusahaan, serta kurang optimalnya pengawasan perusahaan. Selain itu terdapat pula upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan penerapan ISPS Code yaitu: penambahan literatur, peningkatan pemahaman anak buah kapal, peningkatan pemahaman koordinasi pihak kapal dan perusahaan, serta peningkatan pengawasan pihak perusahaan. Selain itu peneliti menambahahkan saran yaitu Hal-hal yang menjadi kendala pelaksanaan ISPS Code sebisa mungkin diperhatikan dan dilakukan optimalisasi agar penerapan ISPS Code dalam upaya pencegahan pembajakan dapat dilaksanakan dengan optimal serta upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari insiden pembajakan diatas kapal sebaiknya dilaksanakan, mengingat tindak pembajakan tersebut dapat menyebabkan kerugian yang besar baik bagi anak buah kapal, perusahaan, serta pemilik barang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : ISPS Code, kendala pencegahan pembajakan, upaya pencegahan pembajakan |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 07:16 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 07:16 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2844 |
Actions (login required)
View Item |