KARSO, PANGESTU AJI (2020) ANALISIS LAMBATNYA CREW KAPAL DALAM MENANGANI KEBAKARAN DI WORKSHOP ENGINE ROOM MV. FEDERAL KIBUNE PADA SAAT SANDAR DI ROTTERDAM PORT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (531611105974 N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105974 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611105974 N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611105974 N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Aji, Karso Pangestu, 531611105974 N, 2020 “Analisis Lambatnya Crew Kapal Dalam Menangani Kebakaran Di Workshop Engine Room MV. Federal Kibune Pada Saat Sandar Di Rotterdam Port”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. Dwi Antoro,M.M., M.Mar. Pembimbing II : Tony Santiko, S.ST, M.Si., M.Mar.E. Kebakaran adalah kejadian timbulnya api yang tidak diinginkan dimana unsurunsur pembentuknya adalah bahan bakar, oksigen dan sumber panas yang terbentuk dari reaksi oksidasi yang menimbulkan kerugian materil dan moril. Penanganan kebakaran di atas kapal harus dilaksanakan dengan cepat, tepat dan sistematis sesuai dengan Standart Operational Prosedure yaitu SOLAS 74, ISM, dan OAK SMS yang diberlakukan oleh perusahaan. Kebakaran yang terjadi di Workshop Engine Room MV. Federal Kibune pada saat sandar di pelabuhan merupakan kebakaran skala kecil yang dapat dipadamkan oleh seorang. Namun karena oiler jaga tidak dapat mengatasinya maka dengan cepat kebakaran membesar didukung dengan faktor lain. Akibatnya api membesar dan membahayakan keselamatan crew kapal dan menghancurkan konstruksi kapal terutama bagian Workshop Engine Room. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan crew kapal lambat dalam menangani kebakaran, mengetahui dampak dari penanganan kebakaran yang lambat, dan mengetahui bagaimana upaya untuk mengoptimalkan penerapan penanganan kebakaran MV. Federal Kibune pada saat sandar. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis fishbone analysis. Sumber data diambil dari data primer dan sekunder dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan riset lapangan yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi sehingga didapatkan teknik keabsahan data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyebab lambatnya penanganan kebakaran pada saat sandar adalah pengetahuan crew yang belum maksimal tentang penggunaan FFA, kesigapan dan tanggung jawab crew kapal, misscommunication dan terlambat dalam meminta bantuan tim pemadam dari port authority. Dampak yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut adalah rusaknya kontruksi kapal bagian Workshop Engine Room dan kerugian bagi pihak perusahaan. Upaya untuk mengoptimalkan penanganan kebakaran yaitu melakukan fire drill baik di darat maupun di laut sesuai jadwal pelatihan dan memberikan pengetahuan kepada crew secara intensif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Prosedur, Penanganan, Kebakaran |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 02:47 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 02:47 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2794 |
Actions (login required)
View Item |