PROSES PENGOLONGAN KAPAL PADA PELAYARAN TUGBOAT DI ALUR SUNGAI MAHAKAM

ANGGRIAN, SUKAMTO (2020) PROSES PENGOLONGAN KAPAL PADA PELAYARAN TUGBOAT DI ALUR SUNGAI MAHAKAM. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611306249K_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611306249K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611306249K_SKRIPSI_OPEN_ACCES)
531611306249K_SKRIPSI_OPENACCES.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Anggrian Sukamto, 531611306249 K, 2020, " Proses pengolongan kapal pada pelayaran Tugboat di alur sungai Mahakam ” Diploma IV, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing 1: Nur Rohmah, SE., M.M. Pembimbing 2: Darul Prayoga, M.Pd. Pengolongan Kapal adalah suatu kegiatan kapal yang melewati alur sungai dari daerah hilir menuju daerah hulu dengan melintas dibawah kolong Jembatan Mahakam, Jembatan Mahulu dan Jembatan Mahkota Dua dengan menggunakan pelayanan jasa pandu sebagai petugas yang membantu memberikan informasi mengenai alur sungai agar navigasi pelayaran dapat dilaksanakan dengan tertib dan lancar demi keselamatan kapal dan lingkungan di sekitar sungai Mahakam. Dalam kenyataannya proses pengolongan kapal masih sering terjadi permasalahan yaitu terjadinya keterlambatan kapal saat proses pengolongan di alur sungai Mahakam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengolongan kapal pada pelayaran Tugboat di alur sungai Mahakam dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses pengolongan kapal di alur sungai Mahakam, serta untuk mengetahui upaya yang harus dilakukan agar proses pengolongan kapal pada pelayaran Tugboat di alur sungai Mahakam berjalan efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang merupakan metode penelitian dengan cara mendeskripsikan semua data-data yang telah dikumpulkan peneliti selama praktek darat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara langsung terhadap subjek penelitian dan studi pustaka serta dokumentasi, yang diuji keabsahannya melalui uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data kemudian terakhir dapat ditarik dengan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengolongan kapal di alur sungai Mahakam mulai dari prosedur-prosedurnya sampai dengan peraturan yang ada sebenarnya sudah sesuai dengan SOP yang diberlakukan oleh PT. Pelindo IV Cabang Samarinda hanya saja dalam kenyataanya masih sering terjadi masalah seperti keterlambatan kapal saat proses pengolongan. Kendala-kendala yang terjadi yaitu tidak menentunya estimasi waktu bongkar muat kapal, kurangnya komunikasi antara perusahaan dengan crew kapal, kurangnya sarana bantu navigasi pelayaran, dan kurangnya petugas pandu. Upaya yang harus dilakukan agar proses pengolongan kapal pada pelayaran Tugboat di alur sungai Mahakam berjalan efektif dan efisien yaitu dengan mengevaluasi estimasi waktu kapal bongkar muat, menjalin komunikasi yang baik antara perusahaan dan crew kapal, penambahan sarana bantu navigasi pelayaran, dan penambahan petugas pandu di alur sungai Mahakam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengolongan kapal, Alur sungai, Keterlambatan kapal, Sungai Mahakam
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 08:41
Last Modified: 12 Nov 2020 08:41
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item