MISBAHUL, IRSYAD (2020) ANALISIS PELAYANAN JASA CLEARANCE IN OUT KAPAL MT. DIONNE OLEH PT. SERASI SHIPPING INDONESIA CABANG MERAK BANTEN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Text
531611306232K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Download (1MB) |
|
Text
531611306232K_SKRIPSI_OPEN_ACSSES.pdf Download (1MB) |
Abstract
INTISARI Misbahul Irsyad, NIT. 531611306232.K, 2020 “Analisis Pelayanan Jasa Clearance In Out Kapal MT. DIONNE oleh PT. Serasi Shipping Indonesia Cabang Merak Banten”, Program Diploma IV, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP., M.M. dan Pembimbing II: Ria Hermina Sari, SS., M.Sc. Salah satu unsur dari keagenan kapal adalah penyandaran kapal. Peranan penyedia jasa penyandaran kapal sangat penting. Penyandaran kapal biasanya memakan waktu, dihitung dari kedatangan kapal sampai kapal berlayar kembali. Namun dalam pelaksanaannya sering terjadi keterlambatan dalam proses penyandaran, yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang berkontribusi terhadap keterlambatan proses penyandaran dapat berasal dari faktor eksternal dan internal dari perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif untuk menjawab rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat diketahui faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan penyandaran kapal tanker antara lain faktor internalnya adalah sumber daya manusia di perusahaan yang kurang baik, koordinasi antar pegawai kantor dengan pekerja lapangan kurang optimal. Sedangkan untuk faktor eksternalnya adalah kurangnya koordinasi dengan instansi terkait, sehingga proses pemeriksaan dokumen kapal dan penyandaran kapal lambat. Adapun upaya yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah terjadinya keterlambatan dan mengoptimalkan penyandaran kapal di Pelabuhan Merak, Banten dengan cara meningkatkan koordinasi antar pegawai kantor, menjalin kerjasama yang baik dengan instansi terkait penyandaran kapal. Disamping itu, agar proses dapat berjalan dengan baik, harus didukung dengan perencanaan yang matang. Mengadakan pelatihan kerja bagi SDM baru supaya kualitas SDM menjadi lebih baik dan meningkatkan komunikasi sangat berpengaruh bagi kelancaran proses pelayanan penyandaran kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penyandaran Kapal, Keterlambatan, Koordinasi, Tanker |
Subjects: | Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 06:28 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 08:18 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2733 |
Actions (login required)
View Item |